#BeriRuang Bagi Non-Perokok dan Perokok !

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Jumlah perokok di Indonesia semakin banyak dan hal ini berbanding lurus dengan jumlah korban yang berasal dari perokok aktif dan perokok pasif. Malangnya, berdasarkan data yang ada, menunjukkan bahwa perokok pasif mendapatkan dampak yang lebih parah dan jumlah korban yang lebih banyak ketimbang perokok aktif. Terdengar tidak adil, bukan?

Menelisik lebih jauh, hal ini tak sepenuhnya salah perokok aktif. terkadang, minimnya ruang bagi perokok aktif untuk merokok menjadi salahsatu penyebab utama. Saat hasrat perokok untuk merokok muncul namun tak bersamaan dengan adanya ruang khusus perokok, ia mau tak mau menyalakan puntung rokoknya. Walhasil, orang di sekitarnya yang mungkin bukan perokok  pun terkena imbasnya. Tanpa bisa dihindari, mereka menghirup asap buangan dari perokok yang racunnya makin beragam dan ditambah dengan tidak tahannya fisik mereka dengan asap rokok.

Hal ini banyak terjadi di taman, angkutan umum, tempat makan bahkan sekolah! Sungguh sebuah ironi dimana para non-perokok terganggu akan asap buangan yang diisap oleh perokok, yang sangat mengganggu kesehatan mereka. Mulai dari anak kecil hingga orang tua yang harusnya bisa hidup sehat pun terpaksa harus membayar mahal jika harus berobat ke rumah sakit. Di sisi lain, para perokok jadi terdiskreditkan karena kebiasaannya padahal minimnya ruang bagi mereka bisa jadi penyebab bagi mereka mengisap rokoknya di tempat umum.

Untuk itu, kami, salahsatu Social Innovation Project dari XL Future Leaders yang bernama DEPPs (Derita Perokok Pasif) meminta kepada segala pihak yang terkait agar #MemberiRuang bagi para perokok aktif dan pasif baik dengan pembangunan infrastruktur maupun menciptakan kebiasaan merokok pada lingkungan yang tepat. Karena kami menyadari bahwa non-perokok atau perokok pasif berhak mendapatkan udara yang segar dan terbebas dari asap rokok, dan kami juga menyadari bahwa perokok membutuhkan ruang untuk merokok yang tidak mengganggu siapapun. #BeriRuang!



Hari ini: Angga mengandalkanmu

Angga Fauzan membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Presiden Republik Indonesia: #BeriRuang Bagi Non-Perokok dan Perokok !". Bergabunglah dengan Angga dan 82 pendukung lainnya hari ini.