Memulai Pemeriksaan Terkait Portal Onliner.by dan TUT.by

Победа

Memulai Pemeriksaan Terkait Portal Onliner.by dan TUT.by

Эта петиция выиграла с 23 796 подписантами!
Анатолий Юницкий создал(а) эту петицию, адресованную Presiden Republik Belarus

Pemeriksaan terkait portal Onliner.by dan TUT.by telah dimulai dengan tujuan mencari pemesan artikel, yang telah mencemari reputasi transportasi dawai inovatif SkyWay sekaligus Perancang Utama Anatoly Yunitskiy

Transportasi dawai atau SkyWay — teknologi transportasi inovatif, yang dikembangkan oleh insinyur asal Belarus, Anatoly Yunitskiy. Pengimplementasian proyek pembangunan rangkaian transportasi dawai ditangani oleh Perusahaan PT "Teknologi Dawai", yang bermarkas di Minsk.

Sejak perusahaan ini memulai kegiatannya, muncul begitu banyak serangan dari pihak portal media massa lokal — TUT.by dan Onliner.by, yang mulai tahun 2015 telah menerbitkan sejumlah publikasi negatif, di mana secara tak berdasar menuduh perusahaan dan perancang teknologi Anatoly Yunitskiy tengah menciptakan skema penipuan, yang adalah murni kebohongan dan fitnah.

Materi sejenis tidak hanya merusak reputasi proyek SkyWay dan citra pribadi Anatoly Yunitskiy sendiri, tetapi juga menghambat perkembangan inovasi dan prospek teknologi ini di Republik Belarus.

Kami meminta kepada pihak pemerintah Belarus untuk segera memulai pemeriksaan terkait portal Onliner.by dan TUT.by dengan tujuan mencari pemesan "berita-berita palsu" mengenai transportasi dawai SkyWay dan selanjutnya menggiring orang yang bersalah untuk dimintai pertanggungjawaban sesuai dengan hukum yang berlaku.

Berikut kami cantumkan surat terbuka Insinyur Yunitskiy tertanggal 23 Mei 2019, yang dialamatkan kepada Presiden Republik Belarus Alexander Grigoryevich Lukashenko:

 

Alexander Grigoryevich yang terhormat!  

Dengan ini saya menghubungi Anda melalui surat terbuka sehubungan dengan situasi paradoks, yang saya hadapi terkait ilmu pengetahuan yang paling potensial, berorientasi ekspor, dan termasuk industri yang paling menguntungkan di negara yang Anda pimpin. Sayangnya, dengan cara lain suara saya tak akan didengar karena sejauh yang saya pahami, informasi akan sampai kepada Anda dalam bentuk yang sudah dipelintir atau sama sekali tak sampai ke tangan Anda. Karena itulah, seluruh permohonan saya kepada lembaga serupa sama sekali tak membuahkan hasil. Saya mengambil keputusan akhir untuk menulis surat kepada Anda setelah mendengarkan perkataan Anda baru-baru ini di Sidang Dewan Keamanan Belarus mengenai peningkatan pengaruh destruktif dalam masyarakat, manipulasi pemikiran-pemikiran sosial, serta penyebaran informasi palsu: "Dari sanalah bencana sosial modern berawal. Sebagai hasilnya, jutaan orang pun menderita, peta perpolitikan dunia pun berubah. Norma-normal moral dan etika, yang diterima secara umum pun dikesampingkan. Kegiatan vital pemerintahan mana pun akan menjadi semakin rentan terhadap insiden komputer".

Nama saya Anatoly Yunitskiy. Saya adalah pendiri Grup Perusahaan Internasional SkyWay, Insinyur, Penggagas, dan Perancang Utama Teknologi Dawai Mutakhir. Inovasi ini diimplementasikan di lahan seluas 36 hektare di kompleks infrastruktur transportasi SkyWay di EkoTeknoPark, yang terletak tak jauh dari Maryina Horka, di lokasi yang sebelumnya adalah area uji coba tank, berbau mesiu dan terendam dalam diesel, di mana tiga tahun silam hanya berupa tanah kosong ditumbuhi ilalang dan saat ini telah menjadi taman dengan lebih dari puluhan ribu jenis pohon.

Solusi, yang terdapat dalam landasan sistem dawai ini memiliki potensi transformatif global, yang ditujukan untuk pembentukan landasan pengembangan peradaban yang aman dan harmonis dalam jangka panjang. Kami setidaknya lebih maju 10 tahun daripada apa yang ada saat ini di dunia, para pakar dari berbagai belahan dunia mendatangi kami untuk belajar, dan dari Jepang – untuk memperoleh inspirasi teknis.

Kami telah membangun beragam jenis lintasan layang untuk transportasi rel dawai dengan panjang keseluruhan sekitar 4 km. Kami telah merancang dan memproduksi 11 model berbeda mobil listrik di atas rel – kendaraan rumit, yang belum memiliki analog di dunia, – empat dari mereka sudah melalui proses sertifikasi. Kami telah menciptakan pesawat nirawak terbesar di dunia untuk kargo, merancang dan menggabungkan proses seluruh lini roda motor listrik untuk kebutuhan teknologi SkyWay, mengembangkan sistem keamanan cerdas dan pengendali sarana perkeretaapian, serta sejumlah perimeter keamanan.

Semua yang kami lakukan sepenuhnya bersifat humanisme. Sekitar 130.000.000 orang di seluruh dunia – pengguna kursi roda dan penderita difabel, yang mana kemampuan mereka untuk memperoleh pekerjaan tergantung pada mobilitas. Khusus untuk mereka, berdasarkan inisiatif sendiri dan dengan dana dari kantong kami sendiri, kami menciptakan mobil listrik sosial yang unik, di mana mereka dapat menjadi, misalnya, sopir taksi atau pengantar pizza. Ini merupakan kendaraan pertama di dunia, di mana pengemudi dapat melaju dengan kursi roda listrik yang kami kembangkan, duduk di atasnya, dan mengendalikan mobil mereka. Pengembangan ini berhasil kami tampilkan dalam pameran khusus di kota Moskow pada bulan September 2018 dan menarik begitu banyak perhatian tidak hanya kepadanya, tetapi juga kepada masalah mobilitas para penyandang difabel.

Perusahaan Belarus kami telah merancang dan memproduksi mobil listrik keluarga berkecepatan tinggi (hingga 500 km/jam) dan berkapasitas enam orang, yang belum memiliki analognya di dunia, dengan penampilan perdana penuh kesuksesan dilaksanakan di kota Berlin, di pameran internasional besar bernama InnoTrans 2018.

Kami juga telah membentuk Perusahaan Investasi Internasional, yang terdaftar di bawah nama PT "Teknologi Dawai", perusahaan teknik kami, yang bernilai kira-kira 50.000.000 dolar Amerika Serikat – nilai ini kurang lebih setara dengan perusahaan raksasa semacam Pabrik Traktor Minsk. Dengan menjadi pembayar pajak terbesar di wilayah Pukhovichsky, perusahaan kami telah menjadi perusahaan penyumbang anggaran.

Di Republik Belarus, kami telah mendirikan pabrik berteknologi tinggi, yang dilengkapi dengan peralatan paling canggih dan kami terus memperluas kapasitasnya, dengan area yang mencapai 10.000 m2. Untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan pembuatan sampel-sampel pertama sistem transportasi dawai SkyWay dan meluncurkan teknologi ini ke pasar dunia, di Republik Belarus telah diciptakan lebih dari 800 lapangan pekerjaan berkualifikasi tinggi dan untuk itu kami tak pernah meminta sepeser pun anggaran dari Belarus: kegiatan kami didanai sesuai dengan model pembiayaan bersama yang modern – pembiayaan rakyat. Kami didukung oleh sekitar 500.000 investor dari lebih dari 200 negara di dunia. Totalnya, lebih dari 10.000 dari mereka sudah tiga kali berkunjung ke EkoTeknoPark SkyWay di Maryina Horka selama EkoFest – salah satu acara berskala besar di Republik Belarus dalam bidang teknologi tinggi dan inovasi.

Terlepas dari semua hal itu, media massa nasional, termasuk sumber internet yang paling populer, "Tytby" dan "Onliner", telah mengumumkan kepada kami, tanpa dasar apa pun, sebuah perang informasi, yang berlangsung selama kurang lebih empat tahun (lihat lampiran). Ini memberikan kerugian serius, tidak hanya kepada organisasi kami, tetapi juga kepada Belarus. Lebih jauh, komentar-komentar negatif sepahit empedu ini juga dilayangkan kepada seluruh masyarakat Belarus, serta kepada saya pribadi: "Mengapa orang bermulut besar ini belum dipenjarakan dan diusir dari negara ini? Ke mana KGB dan Presiden? Mengapa para penegak hukum belum mengambil tindakan apa pun?". Bertahun-tahun kami berusaha menggugat media massa ini, dan terlepas dari kenyataan bahwa hukum di negara kami mengategorikan tindakan ini sebagai kriminalitas, pengadilan Belarus memihak mereka – menurut hemat hakim, para wartawan tak menghina siapa pun dan berhak menyampaikan sudut pandang mereka sendiri, bahkan jika ini tak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Anda tak bisa mengabaikan publikasi semacam ini begitu saja karena akibatnya:

1) Hebatnya, penulis amatir mereka membentuk opini negatif mengenai teknologi dan pengembang kolektif, yang terdiri atas beberapa "profesional", yang bahkan diakui oleh Mantan Menteri Perhubungan negara kita.

2) Salah satu Pemimpin Akademi Ilmu Pengetahuan Belarus, yang telah berkenalan dengan teknologi ini dalam pameran internasional dan menyampaikan ulasan positif dalam buku tamu, setelah artikel negatif semacam ini segera menghubungi saya dan meminta saya untuk merobek halaman buku tamu tersebut. Selanjutnya, Akademi Ilmu Pengetahuan Belarus dua kali menolak permohonan kami dalam memperoleh status "Organisasi Ilmiah", meskipun ilmu pengetahuan kami jauh lebih besar dibandingkan beberapa institut ilmu pengetahuan, yang termasuk di dalamnya, terutama hal ini dapat dilihat dalam monografi ilmiah, yang telah kami terbitkan tahun ini dalam bahasa Inggris dan bahasa Rusia berjudul "Sistem Transportasi Dawai: di Bumi dan di Angkasa Luar".

3) Kami diharuskan angkat kaki dari Zona Ekonomi Bebas Mahilyow setelah publikasi negatif pertama "Tutby" dengan tajuk utama menarik "Di Zona Ekonomi Bebas Telah Terdaftar Residen, yang Pernah Diusir dari Lituania". Reaksi pemerintah setempat terhadap publikasi ini amat drastis dan dapat diprediksi.

4) Selama dua tahun kami tak dapat memperoleh lahan untuk uji coba lintasan berkecepatan tinggi sepanjang 21 km, meskipun kami telah mengumpulkan 16 persetujuan yang diperlukan. Alasan penolakan ini sama sekali tidak serius, sebagai contoh: "Alasan Anda bahwa SkyWay diperlukan di Belarus sama sekali tak meyakinkan – di sepanjang rawa, di mana lintasan akan dibentangkan, akan ada banyak jenis pepohonan yang ditebang, betapa kasihan burung-burung di sana: mereka akan terbunuh oleh Unibus berkecepatan tinggi yang terlihat sekaligus tak terlihat oleh mereka".

5) Banyak pakar Belarus takut untuk bekerja bersama kami karena menganggap bahwa kami adalah penjahat dan penipu, yang akan segera "gulung tikar", sementara Yunitskiy akan dipenjarakan – seperti dikutip oleh "Tutby" dan "Onliner". Oleh sebab itu, kami harus merekrut para pakar berbahasa Rusia dari negara lain seperti Rusia, Ukraina, Kazakhstan, dan Moldova.

Dan ini sama sekali tak berhasil memecahkan masalah kami di Belarus, yang secara sengaja diciptakan oleh media massa kuning Belarus.

Seperti yang kita ketahui: Jika gunung tak berlari menuju Muhammad, maka Muhammadlah yang akan berlari menuju gunung tersebut. Dan saya pun mulai mencari cara membangun kompleks uji coba kendaraan berkecepatan tinggi di negara lain. Sebagai hasilnya, kami memperoleh dukungan pemerintah Uni Emirat Arab, yang sudah membuktikan hal ini dalam bentuk tindakan: mereka mengalokasikan lahan dengan luas total sebesar 200 hektare untuk dua area teknologi SkyWay: satu area sepanjang 2,5 km untuk rangkaian perkotaan dan logistik, dalam hal ini untuk pengangkutan peti kemas lautan dengan berat hingga 35 ton, di mana kami berencana untuk memperoleh kecepatan 150 km/jam; area kedua – sepanjang 25 km, di mana kami berencana untuk memperoleh kecepatan hingga 600 km/jam, dengan perpanjangan lahan hingga 60 kam, di mana kami akan membangun pipa hampa udara "Hyper-U" dan memperoleh kecepatan 1.250 km/jam.

Lahan di UEA ini dialokasikan kepada kami secara cuma-cuma, meskipun harga pasarnya mencapai lebih dari 1.000.000.000 dolar Amerika Serikat. Investasi ini amat sangat berharga – ini berarti bahwa mitra-mitra kami ialah pemerintah negara paling inovatif di dunia, yang ingin menjadi pusat pengembangan dunia dan memasarkan teknologi infrastruktur transportasi kami yang mutakhir, yang diciptakan oleh orang-orang Belarus, agar di sana dibangun "Bukit Dawai" – analog dari "Bukit Silikon" di Amerika Serikat. Di sini akan diuji tak hanya seluruh teknologi transportasi dawai, tetapi juga seluruh solusi infrastruktur yang terkait: kota linier, energi "hijau" jenis baru, tanah subur jenis terbaru, kaca hampa udara, dan masih banyak lainnya, yang mana tengah ditangani oleh perusahaan kami. Selain itu, sebagai tambahan kami menciptakan platform teknologi, yang benar-benar baru berdasarkan blockchain. Pekerjaan ini dilaksanakan bersama dengan para mitra asal UEA karena di sini blockchain didukung dan dikembangkan pada tingkatan pemerintah, yang dalam hal ini untuk diterapkan di bidang transportasi.

Saat ini, kami juga mengerjakan sebuah program, yang akan mengeluarkan industri berbahaya bagi bumi ke angkasa luar dengan bantuan teknologi teknik antariksa, yang saya tawarkan 40 tahun lalu. Sebagai anggota Federasi Antariksa Uni Soviet, sejak tahun 1988 saya telah menyelenggarakan di tanah kelahiran saya, kota Gomel, konferensi ilmu pengetahuan praktis internasional untuk isu-isu industrialisasi angkasa luar tanpa roket; tahun ini saya berencana untuk menyelenggarakan konferensi kedua dengan tema sejenis di Belarus.

Tampaknya, proyek SkyWay baik-baik saja – minimal di luar negeri, – tetapi, saya merasa sakit dan marah untuk negara saya, bagian muda populasi kita, yang jelas-jelas ditipu oleh sesuatu yang serupa dengan pemrograman neurolinguistik – jurusan dalam psikologi praktis, yang dikembangkan di Universitas California. Perangkat ini tak memerlukan pembuktian dalam bentuk keyakinan, yang pada landasannya orang-orang melakukan tindakan selanjutnya. Dampak penting di sini adalah persepsi tidak kritis dalam dalil utama sang lawan bicara. Perhatian kritis seseorang tertarik kepada elemen utama yang diarahkan, sementara sisanya tetap di luar batas persepsi kritis.

Sebagai contoh, pernyataan fitnah mengenai saya dari publikasi "Onliner": "Dan entah mengapa ada dugaan bahwa penemu Belarus ini akan terus bekerja dalam skema "bangun – ambil – kabur – lalu kembali membangun" selama hal tersebut menghasilkan uang", – semua ini menarik perhatian kepada ketidakmampuan dan ketidakjujuran penemu, sementara pesan utama itu sendiri – ini adalah ciri khas orang Belarus – tetap berada di luar kerangka persepsi kritis. Bahaya laten yang tersembunyi dari pemikiran anti-Belarus dan pemuda yang rapuh, yang membentuk sebagian besar pembaca media massa semacam ini; dan mudah dipahami apa yang akan menjadi tindakan mereka selanjutnya – cukup membaca komentar di bawah publikasi yang telah ditampilkan, mencemooh sesuatu yang bersifat domestik dan tak memercayai bahwa pada dasarnya Belarus dapat menciptakan sesuatu yang layak.

Saya sangat ingin agar EkoTeknoPark di Maryina Horka selanjutnya akan dapat mengembangkan diri dan menyempurnakan diri terlepas dari vektor prospek pengembangan SkyWay telah disesuaikan oleh saya dikarenakan oleh keadaan-keadaan di atas. Saya bermaksud untuk terus memberikan pekerjaan bergaji tinggi sekaligus pengalaman dalam menciptakan teknologi inovatif kepada para pakar teknik Belarus. Saya melakukan apa yang saya bisa agar Belarus tak menempati posisi ke-86 yang memalukan dalam indeks inovasi global, tepat di sisi Republik Dominika. Saya bermimpi bahwa tanah air saya tercatat di dalam sejarah sebagai negara, yang telah menciptakan transportasi masa depan dengan semua dividen, yang dapat dihasilkan berkatnya.

Tetapi, apa yang diperoleh Belarus dari publikasi negatif oleh media massa beracun seperti yang saya sebutkan, yang hanya melihat kekotoran dan keburukan di sekelilingnya, selain pengarahan kembali sebagian aliran investasi asing yang sudah ada ke luar negeri? Akibat hal ini, negara kita sudah kehilangan puluhan juta dolar investasi asing. Dan di masa depan akan ada miliaran jumlahnya. Siapa yang diuntungkan, siapa yang berada di balik semua ini? Mengapa orang yang bersalah belum bertanggung jawab atasnya? Tujuan permohonan saya ini adalah mencari pemesan berita-berita palsu seperti yang saya sebutkan di atas, yang memberikan kerugian besar, baik kepada tanah air saya, maupun kepada seluruh hidup saya.

Saya yakin bahwa hal-hal di atas mungkin terjadi akibat kurangnya informasi atau distorsi informasi yang sampai kepada Anda sehingga hingga saat ini pendapat Anda mengenai SkyWay masih belum dapat dipastikan.

Saya mengundang Anda, Yang Terhormat Alexander Grigoryevich, untuk berkunjung ke perusahaan teknik kami, pabrik, dan EkoTeknoPark agar Anda dapat membentuk opini tersendiri mengenai teknologi, yang mampu memberikan tak hanya kesejahteraan kepada tanah air Belarus, tetapi juga menciptakan kondisi yang baik untuk pengembangan harmonis seluruh peradaban di Bumi dalam seratus tahun ke depan. Terlebih lagi bahwa Anda telah mendukung teknologi inovatif "Transportasi Dawai Yunitskiy" sejak tahun 1997. Terlepas dari kenyataan bahwa perintah Anda tak dipenuhi oleh para pejabat, Anda akan dapat melihat berapa banyak hal yang telah dilakukan selama beberapa tahun belakangan ini dengan bantuan para investor kami dari seluruh dunia, tanpa dukungan nyata proyek dari luar.

Saya tak menentang kebebasan berpendapat, saya menentang kebebasan berbohong dan memfitnah.

Hormat saya, Insinyur A. Yunitskiy.

Volume lengkap berikut seluruh lampiran surat yang diterbitkan dapat ditemukan di situs PT "Teknologi Dawai".

Победа

Эта петиция выиграла с 23 796 подписантами!

Расскажите о петиции