Petisi ditutup

Batalkan Waduk Jatigede Demi Kesejahteraan Rakyat dan Kedaulatan Rakyat!!!

Petisi ini mencapai 1.300 pendukung


Sesuai jadwal, bahwa 1 Agustus 2015 pemerintah akan mulai melakukan penggenanan terhadap 32 desa pada real yang telah ditetapkan pemerintah sebagai wilayah genangan Waduk Jatigede.

Pemerintah selama ini ga pernah mau mendengar dan mempertimbangkan dengan baik aspirasi masyarakat lokal yang secara tegas maupun dengan rasa takut telah menyampaikan aspirasi tentang keberatannya/penolakan atas rencana pembangunan Waduk Jatigede dimaksud. Nyatanya pemerintah tetap memaksakan kehendaknya untuk tetap membangun Waduk Jatigede di wilayah Kabupaten Sumedang Jawa Barat tersebut.

Masih banyak permasalahan yang terjadi terkait proses pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan Waduk Jatigede yang belum diselesaikan secara tuntas sesuai hukum dan amanat konstitusi negara RI, juga dari kajian  ekonomi, sosial, budaya, lingkungan dan geologi yang sangat tidak layak membangun waduk jatigede.

Rakyatpun tak kuasa harus menghadapi kenyataan yang meresahkan, seiring dengan aksi percepatan pembangunan Waduk Jatigede yang dicanangkan pemerintah.

Gubernur Jawa Barat pun terkesan ga lagi mau perduli atas isak tangis para ibu , anak-anak serta masyarakat yang lahan penghidupannya telah diplot masuk ke dalam area proyek pembangunan Waduk Jatigede. Gubernur Jawa barat bahkan bersikeras agar Waduk Jatigede segera dioperasikan, dengan dalih untuk mengatasi banjir di wilayah pantura jawa barat.

Sungguh ironis nasib saudara-saudara ku di Jatigede. Situs Kabuyutan yang sudah berada di sana dan dilestarikan secara turun-temurun, hamparan sawan ladang produktif, permukiman rakyat yang selama ini menjadi tempat yang nyaman bagi mereka,serta infrasturktur lokal yang tak ternilai harganya, kini tinggal menghitung hari untuk segera dibenamkan.

Dalam menunggu hari pembenaman segala apa yang menjadi tempat dan sumber penghidupan mereka ,masyarakat dan anak2 diperkampungan di wialayah ini hanya mampu menatap dengan pandangan kosong, karena mereka tak tau lagi mesti berkata dan berbuat apa, agar pemerintah mau mengerti dan memahami dengan baik aspirasi serta pengharapan mereka.

Sempat terbersit dalam fikiran, apakah kami terpaksa harus mempersiapkan 'rakit rumah' sebagai tempat tinggal kami kelak di wilayah ini, agar kami tidak terusir dari tanah leluhur kami yang selama ini menjadi tempat tinggal sekaligus tempat mengais rejeki halal dari hasil keringat kami sendiri ???

Mari kita bantu saudara2 kita di Jatigede, agar mereka mampu perjuangan dengan baik dipertimbangkannya aspirasi rakyat, bagi upaya pemajuan penghormatan, perlindungan, penegakkan dan pemenuhan hak dasar masyarakat Jatigede......"Save Jatigede"...."Lemah Sagandu diganggu Balai Sadunya - Lemah Sagandu Diganggu Bencana Sedunia"



Hari ini: Rudi mengandalkanmu

Rudi Brata Manggala membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Presiden @jokowi, Batalkan Waduk Jatigede Demi Kesejahteraan Rakyat dan Kedaulatan Rakyat!!!". Bergabunglah dengan Rudi dan 1.299 pendukung lainnya hari ini.