tolak FDS

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Madrasah terbukti berperan strategis dalam membangun karakter bangsa. sejarah mencatat bahwa madrasah telah melahirkan tokoh-tokoh bangsa. Kemerdekaan republik indonesia inipun tak lepas dari jasa ulama yang ikhlas dalam mendidik santri melalui madrasah, menghasilkan pejuang-pejuang tanpa pamrih dalam mengusir penjajah. Khubbul Wathon minal Iman.

Akan tetapi, kelangsungan hidup madrasah saat ini terancam dengan rencana penerapan Full Day School (FDS). FDS dinilai efektif untuk merealisasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PPK bertujuan menyiapkan generasi emas bangsa dan menempatkan kembali karakter sebagai ruh pendidikan Indonesia, berdampingan dengan intelektualitas.  Padahal, telah banyak bukti menunjukkan madrasah telah berhasil membentuk generasi berkarakter, tangguh, cerdas dan cinta tanah air.

Mengapa harus coba-coba lagi dengan sistem FDS?

Keberhasilan PPK tidak harus dengan menambah jumlah jam belajar, di negara-negara yang sistem pendidikannya maju justru waktu belajar tidak terlalu lama. tetapi kualitas pendidikan diupayakan dengan peningkatan kualitas guru dan kesejahteraannya, sarana pendidikan, kurikulum yang tidak terlalu padat dan peningkatan kualitas dalam proses belajar mengajar. Waktu belajar yang lama justru membuat siswa jenuh dan otak kurang produktif jika kualitas proses belajar mengajar masih seperti sekarang. 

Generasi muda kita perlu mendapat kesempatan untuk belajar langsung pada guru-guru berkarakter yang ada di madrasah dan di masyarakat. Karena, guru tidak hanya menyampaikan ilmu, tapi perlu memberi tauladan, mendidik karakter siswa. Guru-guru ikhlas seperti ini justru banyak kita temui dimadrasah, tanpa gaji dan tunjangan tapi tetap ikhlas mengabdi.

Meski dikatakan sekolah tidak wajib FDS, tapi diam-diam kebijakan ini tetap dijalankan.

SAVE MADRASAH, TOLAK FDS

 

A. Munib

(Pagar Nusa Blitar)



Hari ini: Aminah mengandalkanmu

Aminah Rosyida membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "presiden joko widodo: tolak FDS". Bergabunglah dengan Aminah dan 12 pendukung lainnya hari ini.