SUDAH SAATNYA SEDOTAN PLASTIK DIKURANGI

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Sahabat2 semua, tahukah kamu ? menurut data dari Eco-Cycle, organisasi daur ulang, jumlah sedotan plastik yang dibuang ke alam sekitar 500 juta sedotan plastik sekali pakai per hari di Amerika. Bagaimana di Indonesia? Menurut mereka sekitar 93 juta lebih per hari. Sedotan plastik akan terurai di alam membutuhkan waktu sekitar 200 tahun, menurut Sam Athey Peneliti Polusi Plastik dan anggota Plastic Ocean Project.

Bisa dibayangkan jika hal ini dibiarkan. Sedotan yang tergolong ringan, seringkali kita temui berserakan dan berujung ke laut. Dan sedotan plastik tergolong dalam daftar sampah plastik yang banyak ditemukan di lautan.

Ingatkah sahabat semua, seekor penyu yang hidungnya tertusuk sedotan plastik. Mungkin ini hanya satu kasus yang diketahui dari sekian banyak kejadian yang ada.

Belum lagi dari sisi kesehatan. Mulai dari berpengaruh pada peningkatan gas dan perut kembung karena banyak udara masuk ke sistem percernaan, sampai pada menimbulkan penyakit kanker dan penyakit jantung dalam waktu jangka panjang.

Coba dibayangkan, hanya untuk menikmati segelas minuman saja kita harus bayar dengan mahal. Bukan dari sisi harga tapi akibatnya. Baik untuk alam sekitar, mahluk hidup lain bahkan kesehatan kita sendiri.

Selama ini Pemerintah menghimbau mengurangi penggunaan tas plastik sekali pakai. Sudah saatnya pemerintah juga melakukan hal yang sama untuk sedotan plastik.

Sebenarnya Keren lho tanpa sedotan plastik. Lebih Keren lagi tanpa sedotan. Karena tanpa benda yang satu ini kita bebas dan bisa menikmati minuman kita kok. Kecuali buat mereka yang sakit, sedotan membantu mereka untuk minum.

Bagaimana masih merasa nyaman menggunakan sedotan?

Saatnya menentukan pilihan, saat nya pemerintah menghimbau mengurangi sedotan plastik sekali pakai

Tanda tangani Petisi ini. Lakukan perubahan bersama.

Petisi ini merupakan bagian dari “Gerakan Mengurangi Plastik” – Climate Change Frontier / CCFrontier.