Petition Closed

BEBASKAN PARA PETANI INDRAMAYU DAN PEJUANG AGRARIA

Melihat limpah-ruahnya sumber daya alam di negeri ini, membuat saya memilih berkuliah di Fakultas Pertanian. Saya pikir, jadi petani itu bisa sejahtera lahir batin. Bayangkan betapa luasnya lahan yang bisa digarap dan menghasilkan di negeri ini. Bayangkan juga betapa mahal juga harga produk pertanian di pasaran.

Tapi bayangan saya itu sirna waktu melihat kondisi petani yang sesungguhnya. Banyak petani yang menderita dan miskin. Sudah harus bersaing dengan produk pertanian impor, petani lokal juga tak dilindungi pemerintah. Tak jarang petani-petani justru digusur dengan alasan pembangunan.

Yang kini membuat saya kini terperangah, protes petani di Indramayu untuk mempertahankan sepetak lahannya dibalas dengan kekerasan oleh aparat dan preman. Mereka diseret, dipukuli, dilempari batu, ditembaki gas air mata dan peluru karet oleh aparat. 22 petani terluka dan 49 sepeda motor petani dirusak. Polisi juga menetapkan 5 petani jadi tersangka. Padahal para petani itu hanya melakukan aksi damai untuk memprotes pembangunan Waduk Bubur Gadung yang mengancam lahan mereka.

Saya heran, kenapa malah petani yang ditahan, sementara Polisi dan preman yang memulai bentrokan. Para petani dan pejuang agraria yang selama ini mempertahankan kedaulatan atas tanah airnya telah mengalami kriminalisasi. Sampai sekarang pun para petani itu diintimidasi oleh aparat. Mereka hidup dalam ketakutan dan tak bisa apa-apa.

Saya ingin mengajak kawan-kawan untuk menyelamatkan petani kita. Bukankah di tangan mereka kita masih bisa menikmati bahan makanan murah? Bebaskan petani Indramayu yang ditahan! Selamatkan petani untuk selamatkan hidup kita!

This petition was delivered to:
  • POLRI

    Residensil Andreanto started this petition with a single signature, and now has 1,106 supporters. Start a petition today to change something you care about.