Segera Bebaskan Kades di Aceh Penjual Bibit Padi Unggul.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Munirwan, seorang Keuchik atau Kepala Desa Meunasah Rayeuk Nisam, Kabupaten Aceh Utara berhasil mengembangkan padi jenis IF8 dari bantuan Gubernur Irwandi Yusuf. Atas Inovasi ini Gampong (Desa) Meunasah Rayeuk juga mendapat juara II Nasional Inovasi Desa dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Hasil inovasi tersebut kemudian dikelola melalui Badan Usaha Milik Gampong dan sudah menjual bibit itu hingga ke empat kecamatan, menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD) hingga Rp1,5 miliar.

Dinas Pertanian dan Kehutanan Aceh melaporkan Munirwan ke Polda Aceh terkait tindak pidana memproduksi dan mengedarkan secara komesial benih padi jenis IF8 yang belum dilepas varietasnya dan belum memiliki label atau sertifikat. Dinas Pertanian dan Kehutanan Aceh, A Hanan mengaku pelaporan tersebut dilakukan atas perintah dari Menteri Pertanian.

Sungguh ironis, kami sangat menyesalkan hal ini, inovator dan entreperenuer seperti Munirwan idealnya mendapat pendampingan dari dinas terkait agar memiliki legalitas, bukan malah dikriminalisasi. Mari kita bebaskan Munirwan dan dorong agar inovasi yang telah dilakukannya berlanjut dengan pendampingan dinas terkait sehingga sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan bermanfaat secara nasional.