PLN Tidak Menaikan Listrik, Namun Kenyataan Dilapangan Naik Hingga 1567%

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Hari ini (7 Juni 2020) saya kaget dengan kenaikan tagihan listrik PLN yang naik sebesar 124%. Kenaikan ini sangat tidak wajar menurut saya.

Mengingat pemakaian listrik sama seperti bulan-bulan biasanya, saya tetap kerja pagi hingga sore dan tidak ada barang elektronik baru di rumah saya.

Hal ini sungguh mengejutkan bagi saya dan menambah beban pengeluaran disaat pandemi ini. Kok bisa ya tagihan listrik PLN naik 124%.

Ada beberapa asumsi yang ada dipikiran saya mengenai naiknya tagihan listrik saya sebesar 124%. Antara lain dikarenakan :
1. Apa iya ada kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), kalau ada kenaikan TDL kenapa tidak ada pemberitahuan ya.
2. Apa iya karena subsidi listrik yang diperpanjang menjadi enam bulan hingga Septermber 2020 itu dibebankan kepada rakyat (Jadi Rakyat yang membayar subsidi tersebut)

Akhirnya saya putuskan untuk mencari informasi lebih lanjut untuk kebenaran kenaikan tagihan listrik PLN saya melalui google dan instagram. Setelah mencari di dua platform tersebut, ternyata ada Ribuan yang bernasib sama seperti saya (Data Komentar instagram @pln123_official Tanggal 7 Juni 2020).

Bahkan ada akun yang berkomentar di instagram @pln123_official bernama @eva_qa mengalami kenaikan tagihan dari tagihan bulan Mei sebesar 60rb Menjadi 1jt pada tagihan bulan Juni (naik 1.567%) Gak masuk akal banget.

Berikut kutipannya :
@eva_qa Saya bulan april kena tagihan 100rb bulan mei 60rb dengan pemakian normal, gk ada barang elektronik yg nambah juga tp bulan juni bisa"nya tagihannya jadi 1jt ?? Gk masuk akal banget, tolong kejelasannya min.

Selain itu, ada pemilik akun instagram @evazega yang biasanya tagihan listrik hanya 200rb s/d 500rb sekarang menjadi 2,2jt.

Berikut kutipannya:
@evazega Tagihan listrik kami biasanya 200rb s/d 500rb sekarang jadi 2,2jt...hebat banget ya min. padahal pemakian normal,selama PSBB tetap kerja pulang malam...@pln123_official

Bahkan ada yang lebih aneh, 3 bulan tidak di rumah tapi tagihan listrik luar biasa membengkak ujar @vivivelovenuamoorea .

Berikut kutipannya:
@vivivelovenuamoorea Selamat siang bapak/ibu.. Tolong dong berikan solusi, 3 bulan saya ga di rumah , tapi tagihan listrik saya luar biasa membengkak.

Sebenarnya banyak sekali yang mengalami kenaikan tagihan listrik yang tidak wajar pada bulan Juni 2020 , namun saya tidak bisa menulisnya satu persatu.

PLN memberikan informasi, jika tagihan yang bengkak pada bulan Juni itu dikarenakan PSBB @pln123_official. Dan PLN memberikan kelonggaran yaitu "PLN membuat skema penghitungan tagihan untuk melindungi pelanggan pascabayar yang tagihan listriknya naik pada bulan Juni.
Dengan skema tersebut, pelanggan yang mengalami kenaikan tagihan pada bulan Juni sebesar minimal 20% daripada bulan Mei akibat penagihan menggunakan rata-rata tiga bulan terakhir, maka kenaikannya akan dibayar sebesar 40%, dan sisanya dibagi rata dalam tagihan 3 bulan ke depan." @pln123_official sumber 

Tuh liat banyak yang gk WFH, tagihan juga naik bahkan ada yang tidak dirumah tagihan juga luar biasa membengkak.

Jika Mentri BUMN merasa masih bersama kami masyarakat Indonesia, Tolong klarifikasi kasus ini. Karena banyak yang tidak WFH, tapi tagihan tetap naik drastis.

Saya mengajak teman-teman semua untuk menyuarakan keberatan kita atas kenainak tagihan listrik ini. Jika ada yang merasa tagihan listrik bulan Juni 2020 naik drastis, silakan kirim buktinya di disiksui petisi ini ya.

Ikut tandatangani petisinya dan sebar di media sosialmu.