Hapuskan Kebijakan LTMPT tentang Surat Edaran Nomor : 11/SE​.​LTMPT/2020

Hapuskan Kebijakan LTMPT tentang Surat Edaran Nomor : 11/SE​.​LTMPT/2020

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!

Kyla P memulai petisi ini kepada @LTMPT

Assalamualaikum Wr.Wb, saya perwakilan dari Siswa/Siswi Sekolah Menengah Atas yang pada tahun ini akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5-12 Juli 2020 beserta para alumni yang tahun ini juga akan mengikuti ujian tersebut. 

Disini kami menolak akan adanya Surat Edaran Nomor : 11/SE.LTMPT/2020 yang berisi tentang

1. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS),

2. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes,

3. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari,

4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan

5. Jadwal kegiatan UTBK 2020

Kami menolak keras akan adanya poin 1 (satu) dan poin 4 (empat).

Poin satu mengatakan bahwa materi yang di ujikan hanya Tes Potensi Skolastik yang artinya Tes Kemampuan Akademik tidak akan diuji. Kami sangat kecewa, karena selama ini persiapan kami bukan hanya untuk Tes Potensi Skolastik tetapi juga Tes Kemampuan Akademik. Mulai dari sekolah,  bimbingan belajar, dan lain-lain. Adanya kebijakan poin 1 (satu) dirasa hanya akan menguntungkan segelintir orang, tetapi bagi kebanyakan orang yang selama ini sudah berusaha melakukan persiapan untuk mengerjakan soal Tes Kemampuan Akademik akan sia-sia. Selain itu, jika tidak ada TKA , dirasa kita tidak akan tau dimana minat kita nantinya. Tolong bedakan kita dengan tes CPNS pak/bu , kami disini sudah belajar 3 tahun di sekolah masing-masing dengan peminatan masing-masing , Sosial Humaniora atau Sains dan Teknologi. 

Kami disini juga menolak akan adanya poin 4 (empat) dengan adanya poin ini, bukankah ini terlalu mendesak atau dadakan jika akan dilakukan pada tahun ini? Bapak/Ibu, selama ini, mental yang tertanam pada peserta UTBK 2020 adalah “mengetahui score dan mencari jurusan/universitas yang sepadan dengan score kita” karena peluang masuk akan lebih besar dibandingkan kebijakan tahun 2018 dan tahun-tahun sebelumnya. Kebijakan seperti ini bukankah akan hanya menjatuhkan mental dan mengurungkan niat untuk belajar? apalagi materi yang diujikan hanya TPS. Makin banyak peserta UTBK yang tidak percaya diri atas pilihannya. 

Bapak/Ibu Panitia LTMPT atau Panitia Pelaksana Ujian tulis Berbasis Komputer tahun 2020, kami sangat mengerti kekhawatiran kalian terhadap UTBK 2020 ini karena kondisi negara yang tidak stabil akan adanya COVID-19, tetapi bukan karena adanya COVID-19 menjadikan angkatan kita (angkatan 2020) dan alumni-alumni yang akan mengikuti ujian ini menjadi kelinci percobaan untuk kesekian kalinya. Mohon dimengerti, Wassalamualaikum wr.wb

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!