Petition Closed

dalam satu pekan terakhir ini, masyarakat Indonesia kembali disentakkan oleh munculnya kebijakan dari Pertamina untuk menaikkan harga LPG. Bukan tanpa sebab, mengingat konsumsi LPG di rumah tangga masyarakat Indonesia saat ini sudah hampir merata di seluruh bagian republik ini. 

Kegelisahan yang dirasakan oleh masyarakat, belum mendapatkan respon dari Pertamina. Alih-alih sebuah respon, DPR yang saat ini tengah menjalani reses, malah beberapa sempat mengeluarkan statemen yang tidak menunjukkan keberpihakan mereka pada masyarakat, yang notabene konstituennya. 

Di belahan negara lain yang tak jauh dari Indonesia, Philipina, malah mengeluarkan kebijakan yang berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Indonesia; Menurunkan harga LPG.  Padahal, jika menyimak data dan tulisan yg berserak seputar potensi gas di Indonesia..WOW...bukan main. Guedeee banget.

Di sisi pemerintah, melalui akun twitter Presiden Indonesia yang tercinta, tampak kecanggungan yang luar biasa, Presiden Panik. Panik pertama; memanggil Boediono untuk segera melakukan koordinasi terkait kebijakan ini. Panik kedua; Presiden memanggil pertamina untuk melakukan klarifikasi terkait munculnya kebijakan. dan Panik ketiga; Presiden meminta para kabinetnya untuk segera melakukan rapat koordinasi terbatas atas keluh kesah masyarakat  sebagai dampak dari naiknya harga Gas.

Apa yang dilakukan oleh Pertamina, dan respon dari Pemerintah ini, menunjukkan bahwa ada yang salah saat kebijakan ini digelontorkan. Dan akibat yang dirasakan atas kenaikan LPG, bukan main...ini akan masuk ke segala sektor; mulai dari naiknya harga makanan, naiknya harga komoditas industri yang terutamanya menggunakan gas sebagai salah satu faktor produksi penting di sana. 

Saya tidak akan ngomong banyak data terkait hal ini, karena anda semua pasti bisa segera menemukan artikel terkait hal ini di dunia maya. yang ingin saya suarakan disini adalah Jika memang anda masih melihat bahwa kepentingan masyarakat adalah segalanya, ayo...DUKUNG PETISI INI agar PERTAMINA, PEMERINTAH Segera MENINJAU ULANG KEBIJAKAN MENAIKKAN HARGA LPG..beri MASYARAKAT HAKNYA; HAK UNTUK MENGETAHUI ALASAN UTAMA KEBIJAKAN INI DIGULIRKAN, HAK UNTUK MENDAPATKAN PENJELASAN YANG MASUK AKAL DAN TIDAK DIKARENAKAN KEPENTINGAN KELOMPOK TERTENTU.

Ingat, NEGARA hanya MENGELOLA KEKAYAAN ALAM di INDONESIA untuk dipergunakan sebesar-besarnya bagi KEMAKMURAN, KEADILAN SOSIAL bagi SELURUH MASYARAKAT INDONESIA. Tidak malah menjadi ALAT BAGI KEPENTINGAN SEBUAH BADAN USAHA SAJA. 

 

Letter to
PERTAMINA Pertamina
Direktur Utama PERTAMINA Karen Agustiawan
Tinjau Kembali Keputusan Menaikkan Harga ELPIJI