Segera benahi sistem jaringan distribusi listrik di Kab. Kolaka

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Yth. Direksi PT. PLN (Persero)

Ref: Petisi

Dengan Hormat,

Problem:

Saat petisi ini dibuat warga Kab. Kolaka dalam tingkat kemarahan yang tinggi, pasalnya hingga saat ini (72 tahun setelah merdeka) belum menikmati pasokan listrik yang memuaskan sebagaimana dijamin dalam Pasal 29 Undang-Undang Nomor 30 tahun 2009.

Supply listrik PT. PLN (Persero) Rayon Kolaka telah mencukupi hanya saja sistem jaringan distribusi kurang memadai sehingga sering terjadi gangguan pada jaringan distribusi yang membuat padamnya listrik di 5 (lima) feeder pembangkit yang ada di Kab. Kolaka.

Setiap hari terjadi gangguan yang mengakibatkan padamnya aliran listrik pada beberapa jalur atau feeder yang ada di sistem pembangkit PT. PLN (Persero) Rayon Kolaka; terutama pada feeder Tosiba (jalur utara) dan feeder Anaiwoi (jalur selatan). Pemadaman di kedua feeder ini mencapai 3 hingga 7 kali sehari. Kasus gangguan jaringan distribusi listrik ini menyebabkan kebakaran, ketidak-amanan pada lingkungan serta kerusakan beberapa barang elektronik pada milik pelanggan PLN. Oleh karena itu kami menuntut pembenahan sistem jaringan distribusi.

Penyelesaian Masalah:

Setelah kami melakukan analisis dan identifikasi di lapangan, bahwa terdapat kekurangan pada jaringan distribusi PT. PLN di Kab. Kolaka yaitu;

1. Kurangnya sistem pengamanan jaringan berupa RECLOSER di 5 (lima) feeder pada sistem pembangkit untuk disalurkan ke jaringan distribusi yang akan disalurkan ke pelanggan PLN (Persero) Rayon Kolaka, Sulawesi Tenggara.

2. Masih banyak ditemukan jaringan distribusi yang rawan dari gangguan alam, seperti pohon yang masih melintang ke jaringan yang mengakibatkan trip pada feeder pembangkit PLN.

Seringnya terjadi gangguan jaringan distribusi pada feeder pembangkit dapat mengakibatkan kerusakan pada PLTD Balandete, Mesin Sewa, PLTMH di Kilometer 18 jalan poros Kolaka-Kendari dan PLTU milik PT. Antam yang telah membantu menyuplai 5 MW. Sehingga jika ini terus dibiarkan bisa jadi pembangkit yang ada di Kab. Kolaka akan mengalami kerusakan. Terlebih lagi pada PT. Antam bisa membatalkan kontrak supply jika gangguan jaringan distribusi dibiarkan.

Oleh karena itu kami dari Pemuda Kab. Kolaka meminta dengan hormat kepada Direksi PT. PLN agar segera memperhatikan dan menyelesaikan persoalan ini.

Dampak perubahan:

Dengan adanya perhatian pihak yang berwenang dalam hal ini jajaran Direksi PT. PLN dalam menyelesaikan persoalan ini dengan cara PEMBENAHAN JARINGAN DISTRIBUSI PT. PLN DI RAYON KOLAKA, KAB. KOLAKA, SULAWESI TENGGARA maka kenyamanan dan kepuasan pelanggan PT. PLN di Kab. Kolaka dapat meningkat, disamping itu juga dapat mendorong produktivitas, perekonomian dan investasi.

Demikian Petisi ini dibuat untuk perubahan.

Salam,

Muhammad Anis Pamma

(Ketua Majelis Pemuda Indonesia Kab. Kolaka)

dan

Akbar Dili, ST.

(Ketua DPD KNPI Kab. Kolaka)

Bersama Warga Kab. Kolaka (daftar terlampir).



Hari ini: PEMUDA KOLAKA mengandalkanmu

PEMUDA KOLAKA membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pemuda Kolaka: Segera benahi jaringan distribusi listrik di Kab. Kolaka". Bergabunglah dengan PEMUDA KOLAKA dan 115 pendukung lainnya hari ini.