Pemprov Papua Barat Membuka Data Informasi Terkait Anggaran & Kegiatan Penanganan Covid-19

Pemprov Papua Barat Membuka Data Informasi Terkait Anggaran & Kegiatan Penanganan Covid-19

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!
Piet Yan Wamaer memulai petisi ini kepada Gubernur Papua Barat dan

Mencermati,

Pemerintah Provinsi Papua Barat sedianya akan menggelontorkan anggaran sebesar 197,8 Miliar yang diperuntukan untuk penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Anggaran tersebut merupakan alokasi anggaran dan kegiatan yang bersumber APBD di tahun 2020 dan akan digunakan untuk penanganan dampak ekonomi akibat wabah Covid-19 dan juga pemberian bantuan sosial kepada masyarakat. Sebelumnya, pemerintah Provinsi Papua Barat juga telah menerima rencana kegiatan dan anggran Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Pengendalian Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) Provinsi Papua Barat kurang sebesar sebesar 52 Miliar. Anggaran diperuntukan untuk kegiatan Gugus Tugas, pembelian APD dan masker serta juga untuk bantuan sembako bagi masyarakat.

Apabila dihitung maka, akan ada anggaran sebesar 250 Miliar yang digunakan untuk kegiatan pencegahan dan Pengendalian Virus Covid-19 Provinsi Papua Barat. Jumlah ini belum termasuk alokasi yang dikeluarkan oleh dari pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Barat. Anggaran yang begitu besar dan harus di imbangi dengan kerja yang besar. Akan tetapi yang perlu menjadi pertimbangan yang lebih besar yaitu konteks KETERBUKAAN dan TRANSPARANSI dalam pengelolaan serta pelaksanaannya kemudian. Karena anggaran tersebut menyangkut hajat hidup semua masyarakat di Provinsi Papua Barat. Dan belum belum ada penjelasan secara detil dari pemerintah baik melalui website maupun media lainnya, yang seharusnya menjadi kewajiban pemerintah untuk segera menyampaikannya kepada seluruh masyarakat.

Untuk itu, sebagai salah satu masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam mendorong perubahan melalui informasi publik meminta dan mendesak Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk segera MEMBUKA DATA maupun INFORMASI terkait rencana kegiatan dan anggaran kegiatan terkait pelaksanaan penangangan Virus Covid -19. Karena sebagai masyarakat yang berdomisli di Papua Barat belum mengetahui secara agenda maupun kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Papua Barat meskipun anggaran sudah disiapkan Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada kami masyarkat yang juga akan berpartisipasi maupun mengawal pelaksanaannya. Informasi ini menurut saya juga sangat penting guna meminimalisir tumpang tindih kegiatan dan anggaran maupun bantuan sosial yang akan diberikan kepada masyarakat oleh pemerintah ditingkat provinsi maupun kabupaten.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!