Petisi ditutup
Mempetisi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan 3 penerima lainnya

Pemkot Semarang : Hidupkan Pusat Kesenian dan Kebudayaan Sobokartti

Pada abad ke-20, Gedung Cagar Budaya Sobokartti rancangan Ir. Thomas Karsten dijadikan Pusat Kesenian dan Kebudayaan di Semarang. Disayangkan, keberadaannya saat ini mulai luput dari perhatian masyarakat.

 

Cagar Budaya Sobokartti masih aktif digunakan untuk pelatihan tari, pedhalangan dan karawitan bagi anak muda. Jumlah anak muda di Sobokartti paling banyak dibandingkan sanggar lain. Namun fasilitas yang dimiliki sangat kurang memadai. Kendalanya Gedung Cagar Budaya Sobokartti selalu kebanjiran jika hujan deras. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jateng hanya membangunkan pendopo di halaman Sobokartti agar kegiatan kebudayaan dapat dilangsungkan di musim hujan. Belum ada upaya untuk menanggulangi banjir di dalam Gedung Sobokartti.

Genap 4 tahun, terhitung dari 2009 pengurus memperjuangkan hal ini dengan harapan ada solusi yang lebih baik dari pemerintah.

Dalam wawancara, Bpk. Sunarno selaku pengurus mengatakan bahwa Gedung Cagar Budaya Sobokartti pernah ditawar 15 miliar oleh asing. Beruntung, gedung tersebut tidak dijual. Beliau juga mengungkapkan kekecewaannya “Kalau ada pagelaran seni dan budaya, Sobokartti tidak pernah dilibatkan. Dhalang yang dipakai juga yang sudah tinggi bayarannya. Padahal dhalang Sobokartti tidak kalah profesional.”

Sobokartti selayaknya dihidupkan kembali menjadi Pusat Kesenian dan Kebudayaan di Jawa Tengah. Gubernur Provinsi Jawa Tengah dan Walikota Semarang sebagai tim ahli yang dulu menetapkan Sobokartti sebagai Cagar Budaya, kiranya mengupayakan pemugaran untuk menanggulangi banjir di dalam gedung. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang  harus lebih memperhatikan para seniman Jawa yang kini mulai terlupakan. Untuk menghidupkan Sobokartti sebagai Pusat Kesenian dan Kebudayaan, tambahkan program wisata budaya di Sobokartti.

"Setiap orang berperan dalam menjaga kelestarian Cagar Budaya"

KENALI, CINTAI & LESTARIKAN BUDAYA BANGSA

Petisi ini didukung oleh :

1. Bpk. Tjahjono Rahardjo selaku Ketua Sobokartti

2. Bpk. Sunarno selaku Pengurus Sobokartti

3. Bpk. Mustofa selaku Jurpel Sobokartti

4. Tim Tari Sobokartti

5. Tim Pedhalangan Sobokartti

6. Pemuda/i Sobokartti

"Petisi ini merupakan bagian dari proses seleksi tahap 2 sebagai perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Parlemen Muda Indonesia 2014."

Petisi ini dikirim ke:
  • Gubernur Jawa Tengah
    Ganjar Pranowo
  • Gubernur Provinsi Jawa Tengah
    Ganjar Pranowo
  • Walikota Semarang
    Hendrar Prihadi
  • Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
    Nurjanah, SH, MM

Febrilia Silitonga telah mulai petisi ini dengan satu tanda tangan dan sekarang memiliki 270 pendukung. Mulai petisi hari ini untuk mengubah sesuatu yang kamu pedulikan.




Hari ini: Febrilia mengandalkanmu

Febrilia Silitonga membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pemkot Semarang : Hidupkan Pusat Kesenian dan Kebudayaan Sobokartti". Bergabunglah dengan Febrilia dan 269 pendukung lainnya hari ini.