Petition Closed

Masa lalu adalah pijakan kita menuju masa depan. Negara ini punya setumpuk pelanggaran HAM yang tidak pernah diselesaikan. 1965, 1974, 1984, 1998, 1999, dan masih banyak lagi rentetan tahun bersimbah darah di Republik ini yang hingga saat ini dibiarkan menguap begitu saja. Pembiaran terhadap pelanggaran HAM di masa lalu adalah preseden buruk untuk membangun demokrasi Indonesia di masa depan.

Para pelanggar HAM masa lalu bahkan bebas melenggang dan maju menuju tampuk kekuasaan tanpa merasa perlu bertanggungjawab atas dosa-dosa kemanusiaan yang ditimbulkannya.

Tahun ini merupakan tahun yang tepat untuk menuntut tindakan tegas dan konkrit dari Pemerintah atas rentetan pelanggaran HAM masa silam. Ini adalah tahun terakhir era pemerintahan SBY, sementara pelanggar HAM lainnya sedang menunggu momentum untuk maju ke tampuk kekuasaan. Apa kita akan diam?

Pelurusan sejarah adalah mutlak demi membangun masa depan yang lebih baik. Menguak kebenaran di masa lalu adalah modal pembelajaran berharga untuk menata masa depan Indonesia yang lebih baik karena, Kebenaran adalah masa depan!

Letter to
Pemerintahan Republik Indonesia
Usut dan adili para pelanggar HAM!