Korupsi yang telah merajalela di Indonesia

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Sebagai pelajar, kami menemukan masalah yang cukup serius di Indonesia yaitu korupsi. Korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara atau perusahaan untuk kepetingan pribadi atau sekolompok orang (KBBI.web.id). Korupsi ini sering dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari karayawan biasa sampai pejabat dan politikus negara.Salah satu faktor terjadinya korupsi karena keserakahan manusia. Manusia memang sifat dasarnya tidak akan pernah puas dengan apa yang dimilikinya sekarang sehingga menyebabkan keinginan yang terlalu berlebihan, salah satunya adalah tentang keadaan finansial. Selain itu, faktor lainnya adalah karena manusia yang haus dengan kekuasaan. Kekuasaan memang bisa menimbulkan niat dan kesempatan untuk melakukan korupsi.


Selain karyawan biasa, para politikus Indonesia juga tidak ketinggalan untuk melakukan korupsi. Sebut saja Gayus Tambunan, Ratu Atut, Akil Mochtar, Nazaruddin, Angelina Sondakh dan yang terbaru adalah Setya Novanto yang mengorupsi uang E-KTP tahun anggaran 2011- 2012. Setnov ( Panggilan Setya Novanto) dan kelompoknya diduga oleh KPK merugikan negara kurang lebih Rp 2,3 triliun. Jika uang semua hasil korupsi para koruptor dijumlahkan, uang tersebut bisa digunakan untuk pembangunan Indonesia, membayar hutang Indonesia ke negara asing.


Selain itu, para pemerintah Indonesia sudah mengantisipasi tindak korupsi dengan cara membuat UU. Contohnya, UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi. Juga terdapat pada UU nomor 46 tahun 2009 yang membahas bahwa tindak pidana korupsi telah menimbulkan kerusakan dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara sehingga upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi perlu dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan yang menuntut peningkatan kapasitas sumber daya, baik kelembagaan, sumber daya manusia, maupun sumber daya lain, serta mengembangkan kesadaran, sikap, dan perilaku masyarakat antikorupsi agar terlembaga dalam sistem hukum nasional.

Kami sebagai pelajar berharap pemerintah Indonesia dapat lebih tegas lagi terhadap para koruptor dan dapat mengantisipasi kejadian korupsi di Indonesia kemudian hari. Kami juga berharap masyarakat Indonesia melakukan pencatatan ulang aset dengan melaporkannya demi mencegah tindakan korupsi. Kami ucapkan terima kasih bagi pembaca yang meluangkan waktu untuk menandatangani maupun membaca petisi ini.



Hari ini: Amelia mengandalkanmu

Amelia Yeo membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pemerintah yang berwenang: Korupsi yang telah merajalela di Indonesia". Bergabunglah dengan Amelia dan 105 pendukung lainnya hari ini.