Reduce, Reuse, Recycle

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


          Kebersihan adalah sebagian dari iman, kalimat tersebut selalu diajarkan oleh orang tua kita ketika kecil. Kalimat tersebut mengajarkan kita agar selalu membersihkan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Tetapi secara tidak sadar, banyak orang di zaman sekarang merusak lingkungan seperti dengan membuang sampah sembarangan. Sebenarnya, sampah yang kita buang tidak semuanya berbahaya. Tetapi ada satu jenis sampah yang bisa merusak lingkungan. Sampah tersebut adalah sampah anorganik/jenis sampah yang terbuat dari plastik.

          Sampah anorganik ini susah membusuk dan jika dalam jumlah yang besar, sampah tersebut bisa mengakibatkan banjir karena selokan yang tersumbat. Selain itu, tertumpuknya sampah bisa menjadi ladang penyakit bagi warga disekitarnya sehingga lingkungan itu menjadi tidak sehat. Membuang sampah sembarangan juga akan mencemari lingkungan tersebut. 

          Reduce berarti kita mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang anda tidak “terlalu” butuhkan seperti baju baru, aksesoris tambahan atau apa pun yang intinya adalah pengurangan kebutuhan. Reuse sendiri berarti pemakaian kembali seperti contohnya memberikan baju-baju bekas anda ke yatim piatu. Tapi yang paling dekat adalah memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara anda, selain itu baju-baju bayi yang hanya beberapa bulan dipakai masih bagus dan bisa diberikan pada saudara yang membutuhkan. Recycle adalah mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumah anda, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apapun sebagai pot tanaman, sampai mendaur ulang kertas bekas untuk menjadi kertas kembali.

         Dengan adanya petisi ini kami ingin mengajak orang untuk melakukan gerakan 3R agar sampah anorganik yang susah membusuk tersebut bisa didaur ulang menjadi barang yang lebih berguna. Kami harap orang yang membaca petisi ini bisa mendukung dan berkontribusi dalam gerakan yang kami lakukan ini.



Hari ini: Andrew mengandalkanmu

Andrew Gavriel Tan membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "pemerintah : Reduce, Reuse, Recycle". Bergabunglah dengan Andrew dan 129 pendukung lainnya hari ini.