Ganti Kemasan Plastik Pada Restoran Untuk Pelanggan Makan di Tempat.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Saat ini sudah banyak gerakan dalam pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, seperti #nostrawmovement, dimana mengganti sedotan plastik dengan sedoatan ramah lingkungan seperti stainless, maupun bambu. Selain mengganti sedotan juga mendorong masyarakat untuk mengurangi kantong plastik, dengan sistem plastik berbayar. Ada banyak restoran maupun retailer yang mengambil langkah ini, seperti KFC, Pizza Hut, Starbucks, Alfamart, Indomaret, dan lain sebagainya.

Kita sudah cukup lama mengajak masyarakat untuk diet plastik. Tapi nyatanya usaha restoran, cafe, warung kopi yang saat ini menjamur, maupun retailer hanya mendorong masyarat untuk diet plastik, tapi tidak berusaha melakukan diet plastik pada perusahaannya sendiri.

Contoh saja, baru-baru ini saya makan di KFC, yang setahu saya sangat gencar dengan kampanye #nostrawmovement. Pertanyaanya, apakah cukup hanya dengan mengurangi sedotan? Saya merasakan keresahan ketika membeli makanan, atau meminum kopi, meminum jus, dikarenakan kemasan yang digunakan adalah plastik yang tidak ramah lingkungan, bahkan saat saya makan di tempat sekalipun. Berapa banyak sampah yang dihasilkan restoran ini setiap hari?.

Sekarang saatnya, restoran, cafe, warung kopi, TIDAK LAGI MALAS, dengan memberikan kemasan plastik tidak ramah lingkungan kepada pelanggan yang makan di tempat. Ganti kotak kertas, styrofoam, kotak makan plastik, gelas plastik sekali pakaimu, dengan piring maupun gelas yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali. Ganti kantong plastik maupun kemasan plastik dengan kemasan biodegradable.

Pemerintah harusnya dapat membuat aturan ini untuk restoran, cafe, warung kopi, maupun retailer agar tidak lagi mengunakan kemasan plastik sekali pakai untuk pelanggan yang makan dan minum di tempat, maupun mengganti kemasan plastik dengan kemasan biodegradable

Mari menjaga bumi bersama dengan mengurangi sampah.