Indonesia Bersih

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Sampah merupakan suatu benda yang tidak ternilai atau tidak berharga yang ada di sekitar lingkungan masyarakat. Sampah di Indonesia merupakan masalah yang sangat serius dan juga menjadi masalah sosial, ekonomi dan budaya. Menurut penelitian Jenna Jameback, University of Georgia (2017) Indonesia merupakan negara ke-2 penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebanyak 175.000 ton sampah dibuang setiap hari.

Pemerintah saat ini telah memiliki undang-undang mengenai pengelolaan sampah, namun hal ini tidak disertai dengan tindakan tegas bagi yang melanggar. Maka dari itu, pemerintah perlu menerapkan aturan yang tegas mengenai pembuangan sampah, mengelola dengan baik sampah dengan cara didaur ulang agar tidak mencemari lingkungan, serta mengerahkan aparat keamanan agar menindak tegas setiap warga masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, dan mengelompokkan sampah sesuai jenisnya. 

Kami mengharapkan agar seluruh warga masyarakat dapat menyadari betapa gentingnya masalah sampah saat ini, jika sampah yang dihasilkan oleh masyarakat semakin bertambah setiap tahun, maka yang akan terjadi adalah bertambahnya masalah lingkungan. Hal ini tentu akan sangat merugikan masyarakat sendiri dan generasi yang akan datang. Mari kita bersama jaga lingkungan kita, mulai dari tidak membuang sampah sembarangan. Lingkungan sehat menuju masyarakat sehat.