Pemerintah Harus Menyediakan Layanan Terapi Akupunktur di Rumah Sakit

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.500.


Akupunktur merupakan metode terapi yang alami dan sudah terbukti ribuan tahun. Akupunktur juga sudah lama diakui oleh WHO, selain itu akupunktur telah berkembang dengan pesat di negara-negara lain di dunia seperti Amerika, Jepang, Prancis, Australia, dan negara-negara lain di Eropa maupun Asia.

Tren pemanfaatan akupunktur misalnya, survey yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) pada tahun 2007 dilaporkan bahwa 3,1 juta orang dewasa di Amerika menggunakan akupunktur dalam satu tahun. Akupunktur telah banyak diterapkan di berbagai negara dengan berbagai pola manajemen dan kebijakan. Misalnya seperti di Singapura, Kementerian Kesehatan Singapura telah membuat panduan pelayanan Traditional Chinese Medicine (TCM) di Rumah Sakit.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5481733/

https://www.luc.edu/media/lucedu/law/centers/healthlaw/pdfs/advancedirective/pdfs/issue11/12_Whitam_Formatted.pdf

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3132464/

http://www.nytimes.com/2010/05/08/health/08patient.html

https://www.washingtonpost.com/national/health-science/stuck-in-an-opioids-crisis-officials-turn-to-acupuncture/2018/02/20/c451e952-1603-11e8-930c-45838ad0d77a_story.html?utm_term=.5b98289b7b4d

Akupunktur di Amerika terus mendapatkan popularitas, sehingga praktik akupunktur ini harus terintegrasi dengan bidang medis dengan definisi yang ketat dan perlu penyesuaian. Contohnya di Texas Amerika Serikat praktik akupunktur tidak dibatasi dengan pelayanan medis, karena merupakan hak konstitusional privasi pasien termasuk keputusan untuk mendapatkan terapi akupunktur. Oleh karena itu pelayanan medis yang membatasi akupunktur untuk tenaga kesehatan yang berlisensi adalah inkonstitusional. Selain itu tujuan legislatif di Amerika Serikat memastikan bahwa tidak ada diskriminasi dalam pemberian asuransi pelayanan kesehatan termasuk pengobatan tradisional. Dalam banyak kasus, rencana kesehatan tidak bisa mengharuskan hanya dokter saja yang melakukan pelayanan akupunktur.

Sedangkan di Indonesia sejak tahun 2007 sebenarnya telah tersedia tenaga kesehatan akupunktur dengan kualifikasi pendidikan D-III dan D-IV akupunktur yang diluluskan oleh beberapa institusi pendidikan tinggi, salah satunya adalah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan milik Pemerintah dan program studinya juga telah terakreditasi B oleh Kemenristek DIKTI.

Selain itu di Undang-undang tenaga kesehatan Nomor 36 tahun 2014 juga telah disebutkan bahwa akupunktur merupakan salah satu jenis tenaga kesehatan yang masuk dalam kelompok keterapian fisik.

Namun ironisnya dari sekian banyak tenaga kesehatan akupunktur yang dihasilkan tersebut kurang lebih saat ini mencapai 950 orang, belum terfasilitasi untuk dapat  mendharmabaktikan ilmu dan keterampilannya di Rumah Sakit maupun Puskesmas. Padahal kita semua mengetahui manfaat akupunktur bagi kesehatan sangat baik dan sudah terbukti secara ilmiah.

https://www.evidencebasedacupuncture.org/

Selain itu minat masyarakat terhadap akupunktur juga tinggi dan berharap supaya akupunktur juga masuk dalam pelayanan kesehatan yang dicover oleh BPJS.

https://youtu.be/Fy9umOF7kzc

Selain sangat bagus dimanfaatkan sebagai terapi suportif yang menunjang pelayanan medis konvensional, akupunktur juga sangat baik untuk upaya preventif, promotif, simptomatik, rehabilitatif, dan paliatif. Sehingga dengan tambahan terapi akupunktur dapat meminimalkan konsumsi obat serta memperpendek lama perawatan/ pengobatan yang tentunya berkorelasi dengan penghematan biaya.

Melalui petisi ini kami berharap supaya pemerintah berkenan menerbitkan peraturan bagi tenaga kesehatan akupunktur (D3 dan D4) supaya dapat berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya di fasilitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit maupun Puskesmas. Sehingga harapan dan permintaan masyarakat terhadap akses terapi akupunktur dapat terpenuhi dengan baik.

https://youtu.be/NGPO_JpaH7g

https://youtu.be/V7Kpk3Sl-YI

https://youtu.be/9kk3xUK4L24

https://youtu.be/s6Uzk_uWr4Y



Hari ini: Perhimpunan Akupunktur Terapis Indonesia (HAKTI) mengandalkanmu

Perhimpunan Akupunktur Terapis Indonesia (HAKTI) membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pemerintah Harus Menyediakan Layanan Terapi Akupunktur di Rumah Sakit". Bergabunglah dengan Perhimpunan Akupunktur Terapis Indonesia (HAKTI) dan 1.079 pendukung lainnya hari ini.