Kemenangan

Hentikan Proyek Peninggian Jl. Jend. Sudirman Banjarmasin (Karena Temuan Arkeologis)

Petisi ini membuat perubahan dengan 169 pendukung!


Senin, 8 Agustus 2016 seorang Pekerja Proyek Peninggian Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin menemukan Meriam beserta struktur bata merah yang menjadi tumpuan meriam yang diperkirakan merupakan peninggalan VOC dan dimungkinkan adanya temuan lanjutan dari struktur batubata yang ditemukan.

Informasi saat itu Meriam tersebut akan diangkat menggunakan alat berat dan sling baja tanpa pengamanan bagi temuan tersebut, secara arkeologi hal ini sangat tidak bagus karena dapat merusak benda arkeologis tersebut.Malam harinya kami melihat langsung lokasi dan menemukan struktur bata merah yg mengelilingi bagian belakang meriam, temuan besar yang sayang kalau diabaikan.

Pada hari ini, 9/8/2016, meriam tersebut telah diangkat secara paksa dan membuat struktur tanah disekitarnya terkoyak, namun selain penemuan ini kami juga menemukan susunan struktur bata merah besar yang membentuk seperti lantai yang dari permukaan tanah menyusun kebawah 6 tingkatan. Pengerjaan proyek peninggian jalan ini seperti nya akan terus dilakukan tanpa mengindahkan temuan arkeologis tersebut. Sangat di sayangkan artinya Undang Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya tidak efekti menghentikan pengerjaan proyek ini sementar untuk penelitian secara akademis.

Karena itu kami mengajak kawan kawan yang peduli dengan peninggalan sejarah tersebut dapat menanda tangani petisi ini agar dapat menekan Pemerintah Daerah di Kalimantan Selatan dan Kota Banjarmasin untuk MENGHENTIKAN SEMENTARA PROYEK PENINGGIAN JALAN JENDERAL SUDIRMAN BANJARMASIN. Struktur batu bata ini harus bisa kita teliti dan rekontruksi ulang sebagai tanda keberadaan situs sejarah dilokasi tersebut. Apabila Proyek Peninggian Tetap Dilakukan maka secara otomatis struktur batu bata ini akan tertutup oleh cor semen pondasi jalan.

Apakah kita harus mengorbankan situs sejarah atas nama pembangunan jalan.?

Ir. Soekarno pernah berkata "JAS MERAH !!! (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah)", semoga langkah ini dapat melindungi temuan arkeologis tersebut.



Hari ini: Muhammad mengandalkanmu

Muhammad Syahreza membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan: Hentikan Proyek Peninggian Jl. Jend. Sudirman Banjarmasin (Karena Temuan Arkeologis)". Bergabunglah dengan Muhammad dan 168 pendukung lainnya hari ini.