Petisi ditutup

TOLAK PENGGUSURAN GEDUNG PEMUDA JAKARTA

Petisi ini mencapai 24 pendukung


Pramoedya Ananta Toer, salah seorang sastrawan besar Indonesia, mengatakan sejarah Indonesia adalah sejarah pemuda Indonesia, yang dimulai dengan Perhimpunan Indonesia di Belanda, Sumpah Pemuda, Revolusi Agustus 1945, hingga Reformasi 1998.

Sejak zaman pergerakan nasional Indonesia, sejarah Indonesia adalah Sejarah Pemuda.

-Tanggal 20 Mei 1908, lahir lah Boedi Oetomo dengan ketuanya seorang pemuda Dr. Soetomo.

-Tanggal 28 Oktober 1928, lahirlah Soempah Pemoeda saat Konggres II digelar.

-Tanggal 16 Agustus 1945, detik-detik menjelang Proklamasi, Peristiwa Rengasdengklok yang digerakkan para pemuda berhasil mewujudkan Indonesia Merdeka.

-Tanggal 10 Januari 1966, KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) dengan Trituranya telah berhasil menggugat kekuasaan Terpimpin Soekarno.

-Tanggal 15 januari 1974, Malapetaka 15 januari, Mahasiswa turun ke jalan dan menolak modal asing.

-Tanggal 21 Mei 1998, Mahasiswa dan semua elemen masyarakat turun ke jalan dan mengibarkan panji Reformasi.

Sejarah Indonesia adalah Sejarah Pemuda, sejak dulu dan masa yang akan datang.

 

Deklarasi Pemuda Indonesia, 23 Juli 1973, merupakan landasan kelahirannya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), muncul dari sebuah kesadaran akan tanggung jawab pemuda Indonesia dalam mengerahkan segenap upaya dan kemampuan untuk menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Deklarasi Pemuda bertujuan menindaklanjuti isi pesan suci Sumpah Pemuda yang telah menggariskan kebutuhan keberhimpunan, dengan mengejawantahkan satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa, dan ikut mengisi kemerdekaan.

Dengan demikian tanggal 23 Juli dijadikan tanggal hari peringatan lahirnya KNPI, dan KNPI secara kelembagaan sebagai forum komunikasi pemuda, wadah kaderisasi dan partisipasi pemuda Indonesia dibakukan dalam Kongres I KNPI tahun 1974.

Komite Nasional Pemuda Indonesia atau lebih populer dengan singkatan KNPI, merupakan organisasi yang menghimpun pemuda Indonesia yang dituntut untuk mengembangkan sikap-sikap kepemudaan yang kritis dan progresif. Selain itu, sebagai wadah pemuda yang keberadaanya berangkat dari semangat kebersamaan dan persatuan untuk melakukan hal yang bermanfaat sehingga hendaknya bisa menjadi contoh bagi generasi pemuda. KNPI sebagai “rumah besar” seluruh elemen organisasi pemuda harus menyadari bahwa eksistensi dan kesinambungan perjalanan sebuah lembaga tidak akan ada artinya manakala pada saat dibutuhkan peran, kiprah dan kepeduliannya tidak hadir dalam kenyataan.

KNPI dihadapkan pada tantangan bagaimana memberdayakan dirinya sekaligus menampilkan model generasi muda yang dibutuhkan masyarakat dimasa mendatang. KNPI dituntut untuk tidak apriori terhadap elemen apapun baik pemerintah maupun berbagai dinamika ragam potensi kepemudaan di antaranya LSM dan OKP lainnya. KNPI juga harus mampu menyikapi secara obyektif berbagai problem sosial yang terjadi dan menyikapinya secara kritis, korektif dan konstruktif. Semangat sejarah kepeloporan kaum muda hakikatnya adalah etik perjuangan untuk menegakan kebenaran dan fitrah manusia. Inilah menjadi tanggung jawab kita semua sebagai kaum muda terutama KNPI sebagai Ormas tempat berhimpunnya kaum pemuda, memiliki tanggung jawab yang sangat besar

KNPI kedepan harus tanggap atas realitas dan dinamika kepemudaan yang mulai jenuh karena kejenuhan ini sebagai bentuk protes terhadap berbagai realitas sosial seperti, ketidakadilan, KKN dan sebagainya. Problema tersebut mesti diantisipasi dengan berbagai bentuk dan ragam pemikiran, sikap dan aktivitas. Perlu menyeimbangkan proporsi orientasinya baik orientasi politik, ekonomi maupun kulturalnya. Selain itu, problem KNPI yang mendesak mesti dibenahi sebagai jawaban logis dari dinamika internal maupun eksternal. Problem-problem inilah yang menjadi sebab mengapa KNPI terasa mengalami degradasi peran, meski metabolisme organisasi masih berjalan normal.Maka dari itu, KNPI harus dapat menjadi sebuah kekuatan pembangunan yang mampu memberikan manfaat bagi bangsa dan negara serta menjadikan pemuda Indonesia sebagai pemuda yang berkarakter, kapasitas dan berdaya-saing tinggi.

Namun harus berbanding terbalik dengan perlakuan Pemerintah Daerah Khusus Ibukota DKI Jakarta, seakan tidak peduli dengan para Pemuda Jakarta. Pemprov DKI akan menggusur Gedung Pemuda Jakarta (Sekretariat DPD KNPI DKI Jakarta) tanpa ada kejelasan dan kepastian untuk menggantikan dengan gedung yang baru . 

Pembangunan venue velodrome memakan biaya hingga US$40 juta atau setara Rp513 miliar ini harus mengorbankan gedung pemuda yang sangat bersejarah dalam pergerakan pemuda jakarta.

Salam Pemuda !!! 

Ketua DPD KNPI Provinsi DKI Jakarta 

 

R. Gusti Arief



Hari ini: DPD KNPI DKI Jakarta mengandalkanmu

DPD KNPI DKI Jakarta membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta: TOLAK PENGGUSURAN GEDUNG PEMUDA JAKARTA". Bergabunglah dengan DPD KNPI DKI Jakarta dan 23 pendukung lainnya hari ini.