Bebaskan dan Pulangkan Nelayan Aceh yang Ditahan di India

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


#PemerintahBantuNelayanAceh
#JanganTundaLagi

Tiga Nelayan Aceh yang dilaporkan tidak pulang setelah 20 hari melaut akhirnya diketahui nasibnya. Ketiganya ditangkap otoritas India karena memasuki Perairan Kepulauan Andaman, tiga nelayan aceh tersebut berangkat melaut dari pelabuhan Kampung jawa pada 17 September 2019.

Dikutip oleh Detiknews, Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek mengatakan “Mereka melewati batas perairan india, mereka murni kecelakaan karena terjebak kabut asap”. Ketiga nelayan yang melaut dengan kapal KM Athiya diduga ditangkap penjaga pantai Andaman dan kemudian diperkirakan diculik 10-15 hari karena memasuki batas negara lain.

Ketiga nelayan tersebut hilang kontak sejak 20 September 2019. Saat itu, perairan Aceh dilanda kabut asap dan membuat nelayan melewati batas peairan tanpa sengaja, hingga saat ini pemerintah aceh masih berupaya untuk membebaskan dan membawa pulang nelayan aceh yang masih berada di India. Pemerintah aceh telah menyurati ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di india untuk membebaskan tiga nelayan malang tersebut karena mereka hanya nelayan tradisional yang biasa dan hanya mengunakan kapal kecil.

Tetapi hingga saat ini tiga nelayan yang di tangkap tersebut juga belum kembali ke Tanah Aceh , keluarga mereka sangat menantikan pembebasan dan kembalinya para nelayan tersebut. Melihat masalah ini seharusnya Pemerintah aceh dan juga PLT Gubernur Aceh lebih berupaya dalam menuntaskan permasalahan nelayan yang tertangkap ini, karena ini bukan kesalahan yang sengaja mereka perbuat tetapi kecelakaan yang tidak di sengaja.

Teman mari saling membantu dalam pembebasan dan pulangnya Nelayan aceh yang di tangkap di India , karna hanya kita yang dapat mengerakan permasalahan ini agar cepat diselesaikan oleh Pemerintah, Kami membutuhkan dukunganmu untuk terus menyebarkan petisi ini agar nelayan aceh dapat kembali pulang dan bertemu keluarganya. Terima kasih atas segala partisipasinya.