Dukung Upaya FPPSKI Dalam Melestarikan Keris Melalui Seni Pencak Silat

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


UPAYA FPPSKI UNTUK MELESTARIKAN KERIS, PENCAK SILAT SETELAH KEDUA ASED BUDAYA TERSEBUT DITETAPKAN OLEH PIHAK UNESCO SEBAGAI WARISAN BUDAYA TAK BENDA

Keris : Keris atau kris dimasukkan dalam daftar ICH UNESCO pada 2008, meski sudah diproklamirkan pada 2005.

Pencak Silat : Pada tanggal 14 Desember 2019 pencak silat resmi di aku oleh Pihak UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO memandang, pelestarian tradisi pencak silat telah menunjukkan aspek yang mendorong penghormatan dan persaudaraan, serta sisi sosial. Tidak hanya di satu wilayah, tetapi juga secara nasional, bahkan di dunia internasional.

Setelah kedua ased Budaya tersebut ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda milik bangsa Indoensia, hal tersebut memerlukan dorongan dan aksi dari semua kalangan untuk turut melakukan banyak hal dalam menjaga dan melestarikan serta mengembangkan Keris dan Pencak Silat Indonesia.

FPPSKI : Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia yang selanjutnya disingkat FPPSKI didirikan pada tanggal 17 Agusutus 2019. FPPSKI hadir sebagai wadah atau Organisasi dengan tujuan untuk mengajak seluruh kalangan pelestari budaya khususnya pelestari pencak Silat agar bersedia turut serta dalam melakukan aksi pelestarian keris melalui Seni Pencak Silat. Upaya aksi tersebut dilakukakn sebagai konsekuensi pengakuan agar semua pihak turut serta melakukan banyak hal dalam upaya menjaga, melestarikan serta mengembangkan Keris dan Pencak Silat Indonesia.

Kami dari tim FPPSKI mengajak semua kalangan untuk bersama-sama mendukung upaya-upaya serta aksi kami dalam menjaga, melestarikan dan mengembangkan Keris melalui Seni Pencak Silat (Pencak Silat Keris Indonesia) dengan cara menandatangani petisi yang telah kami buat.

Atas dukungan dan kepedualaian dari saudara/i semua kami ucapkan banyak terimakasih.

Tertanda : Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI).