Desak Panwascam tinjau tata cara Rekapitulasi Penghitungan Suara Kecamatan Bontosikuyu

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Menimbang bahwa tahun 2019 adalah tahun pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah kehidupan demokrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tahun 2019 menjadi momok yang paling penting dalam urusan kenegaraan. Bagaimana tidak, 5 item pemilihan dilaksanakan secara serentak diseluruh pelosok tanah air. Mulai dari pemilihan President, Anggota DPR, Anggota DPD, Anggota DPRD Provinsi, sampai Anggota DPRD Kabupaten/Kota. Pesta demokrasi ini berlangsung riuh melibatkan seluruh element masyarakat secara intens.

Dengan regulasi yang menjadikan 5 item pemilihan secara serentak ini juga menghadirkan beberapa persoalan sebagai konsekuensi logisnya. Indonesia harus kerja keras untuk mengakomodir seluruh kepentingan rakyat Indonesia. Belum lagi persoalan pengawasan terhadap oknum-oknum pengkhianat demokrasi yang ingin mengacaukan jalannya pesta demokrasi ini.

Contoh soal dari persoalan ini terjadi di Kecamatan Bontosikuyu. Dimana tata cara pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan (PKPU No.3 Tahun 2019) tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya. Urutan penghitungan suara yang diamanatkan PKPU No. 3 Tahun 2019 diurutkan mulai dari penghitungan suara Presiden, dilanjutkan penghitungan suara legislative mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi, baru kemudian terakhir DPRD Kabupaten/Kota.

Sementara yang terjadi di lapangan itu berbeda. Rekapitulasi penghitungan perolehan suara di Kecamatan Bontosikuyu mendahulukan salah satu desa dalam menghitung perolehan suara mulai dari presiden sampai DPRD Kabupaten Kota, baru kemudian menghitung perolehan suara Presiden dilanjutkan legislative di seluruh desa per-satu item pemilihan. Fakta ini menunjukkan ada indikasi kecurangan terhadap proses demokrasi yang tidak bersesuaian dengan aturan yang berlaku.

Olehnya itu kami meminta dukungan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mendesak pihak berwenang (dalam hal ini yang dimaksud adalah Panwascam dan Bawaslu) untuk meninjau ulang tata cara rekapitulasi penghitungan perolehan suara di Kecamatan Bontosikuyu dengan cara menandatangani petisi ini. Dukungan Anda akan berarti besar terhadap wajah demokrasi Indonesia hari ini dan yang akan datang yang jujur dan bermartabat.