Jadwal SBMPTN 2018 yang Dirasa Tidak Selayaknya

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Launching Website SBMPTN 2018 telah diumumkan hari ini (Jumat, 12 Januari 2018). Banyak para pejuang SBMPTN telah menanti-nanti keputusan para panitia SBMPTN menyoal tanggal tes, tanggal pengumuman, bahkan daya tampung dan peminat prodi-prodi di PTN

Dalam pengumumannya, dijelaskan bahwa tanggal tes dan hasil pengumuman SBMPTN 2018 adalah 8 Mei 2018 dan 3 Juli 2018. Jika dipikirkan lebih matang lagi, rentang waktu tanggal tes dan pengumuman yang hampir dua bulan itu dirasa tidak selayaknya diputuskan seperti itu. Karena jika dibandingkan dengan SBMPTN 2017 yang lalu, rentang waktu antara tanggal tes dan pengumuman hanya 4 minggu saja terhitung dari tanggal tes 16 mei 2017 hingga 13 Juni 2017 saat pengumuman hasil tes SBMPTN.

Perbedaan rentang waktu yang begitu signifikan tersebut (menunggu dua kali lebih lama) tentu saja dirasa kurang layak oleh kami sebagai pejuang PTN 2018 karena harus menunggu dua kali lebih lama dari angkatan terdahulu. Dan apabila diperkirakan mungkin saja akan merepotkan para calon mahasiswa yang dirasa akan kurang bisa memanajemen linimasa persiapan mereka dalam perkuliahan nantinya. 

Diharapkan dalam jadwal tanggal tes dan pengumuman hasil SBMPTN bila para panitia SBMPTN 2018 berkenan untuk direvisi dalam dua pilihan berikut:

  • Pengumuman tes yang dimajukan sekurang-kurangnya beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1439 H.
  • Tanggal tes yang dimundurkan sekurang-kurangnya sesudah Hari Raya Idul Fitri (Jika dipatok dari tanggal tes SBMPTN 2015 yaitu 9 Juni 2015, maka tanggal tes SBMPTN tidak jauh berbeda dengan tahun tersebut dan di pilihan ini setidaknya para peserta lebih memiliki waktu persiapan yang lebih banyak dan lebih matang untuk belajar SBMPTN dan menentukan pilihan prodi mereka).

Sekian, terima kasih



Hari ini: Peserta SBMPTN mengandalkanmu

Peserta SBMPTN membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Panitia SBMPTN 2018: Jadwal SBMPTN 2018 yang Dirasa Tidak Selayaknya". Bergabunglah dengan Peserta SBMPTN dan 106 pendukung lainnya hari ini.