Pak Luhut, Stop Reklamasi Teluk Jakarta! Berhentilah Memunggungi Lautan!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Stop Reklamasi Teluk Jakarta! Stop Memunggungi Lautan!

Reklamasi Teluk Jakarta bertujuan untuk menambah pasokan lahan bagi kawasan komersial baru dan pemukiman mewah segelintir orang kaya di Jakarta. Meskipun itu akan mengorbankan nelayan dan lingkungan hidup.

Bahkan proyek ini melanggar tata kelola lingkungan hidup yang baik dan benar. AMDAL Kawasan project Reklamasi Pantura Jakarta ditolak oleh Sidang Komisi Penilai AMDAL Pusat pd 2003 dan tidak pernah dilakukan perbaikan utk diajukan kembali, tetapi justru membuat tandingan berupa AMDAL Lokal dg dalih bisa disahkan oleh Komisi Penilai AMDAL Daerah yg bs diatur-atur oleh Gubernur DKI. Project dengan status (1) di atas ruang laut, (2) di kawasan strategis (ibukota), (3) mencakup lebih dr satu provinsi; maka mutlak harus dg prasyarat AMDAL kawasan. Jadi izin reklamasi yg dikeluarkan Gubernur pd Des 2014 dilandaskan pd AMDAL Lokal yg membangkang amanat PP 27/1999. Pembatalan izin Gubernur oleh PTUN sudah menjadi keharusan. (Thamrin School of Climate Change and Sustainability/TS Reader on Evironmental Quality Ahmad Safrudin).

Anehnya, Menteri Koordinator (Menko) Maritim Luhut Binsar Panjaitan, yang harusnya memiliki prespektif kelautan, justru bersikeras memperjuangkan kelanjutan reklamasi Teluk Jakarta. Pemerintah pusat, menurut Luhut, akan memperjuangkan proyek reklamasi Pantai Utara Jakarta.(KONTAN, Pemerintah dorong Anies-Sandi lanjutkan reklamasi, Kamis, 20 April 2017 / 19:14 WIB).

Bersikerasnya Menteri Luhut dalam melanjutkan reklamasei Teluk Jakarta ini, selain membahayakan keberlanjutan ekologi kawasan pesisir Jakarta, juga seperti memunggungi visi kelautan Presiden Jokowi yang diucapkan dalam pidato pelantikannya saat menjadi Presiden. 

Untuk itulah, sudah seharusnya Menko Maritim Luhut Panjaitan menegakan lagi visi maritim Presiden Jokowi dengan tidak memaksakan melanjutkan reklamasi Teluk Jakarta. Stop Reklamasi Teluk Jakarta! Stop Memunggungi Lautan!



Hari ini: firdaus mengandalkanmu

firdaus cahyadi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pak Luhut, Stop Reklamasi Teluk Jakarta! Berhentilah Memunggungi Lautan!". Bergabunglah dengan firdaus dan 514 pendukung lainnya hari ini.