Beri kejelasan status hukum pasar mama-mama Papua. Dan buka lantai 4.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 7.500.


 

Pak Presiden, sa Mama Jeni. Salah satu mama yang bertemu bapak berapa minggu lalu di pasar mama-mama, Jayapura. Senangnya bisa bersalaman dengan Pak Jokowi langsung! Sayangnya, sa tak sempat bicara banyak. Padahal banyak yang ingin sa sampaikan.

Perjuangan mama-mama untuk dapat pasar ini tak mudah, tak baru. 15 tahun kami terus pindah-pindah, tak diakui pemerintah. Selama itu, oleh aparat (baik tentara, polisi, atau Satpol PP) kami sering dibongkar, dikejar-kejar, bahkan disiram kotoran manusia.

Karena itu saat 2014 Pak Jokowi bilang akan sediakan tempat untuk kami, kami pu harapan baru.

Sayangnya, sejak itu pelaksanaan, tak sebaik niat Pak Jokowi untuk kami, mama-mama pasar. Dalam pembangunannya, kami tak pernah dilibatkan. Pemerintah datang, tunjuk sini, tunjuk sana, seakan-akan gedung itu “dipinjamkan” pada kami. Padahal perjuangan mama-mama sudah belasan tahun untuk hak ini.

Hasilnya, ya tak mengejutkan. Gedung sudah jadi tahun 2016, tak bisa kami pakai sampai 2 tahun kemudian. Kapasitas gedung pun tak cukup untuk semua pedagang. Ada 70an pedagang yang tak dapat tempat. Tempat cuci mencuci saja tak ada; kami harus ambil air di kamar mandi.

Satu lagi, Pak Jokowi. Sejak peresmian bulan lalu, lantai 4 saat ini dikunci oleh kemenBUMN, dan dijaga oleh Polisi Militer. Pernah lihatkah pak, pasar yang dijaga polisi militer? Padahal Pak, lantai 4 itu sebelumnya kami gunakan untuk anak-anak kami bimbingan belajar.

Pak Jokowi, yang sa lihat dari TV, Pak Jokowi paling tak suka yang namanya birokrasi yang menyulitkan rakyat. Tolong bantu selesaikan masalah ini.

Memperjelas status hukum pasar, dengan mempercepat surat hibah dari kemenBUMN ke Pemkot. Agar status kami tak “numpang” terus.
Menyelesaikan semua fasilitas yang belum memadai dalam gedung baru, dan libatkan kami dalam kordinasinya.
Membuka kembali lantai 4, agar anak-anak kami bisa kembali belajar di situ.

Dengan itu, niat baik Pak Jokowi bisa betul-betul berbuah, jadi hidup yang baik untuk mama-mama pasar Jayapura.

Dengan hormat,
Jeni Madai



Hari ini: Jeni Madai & Mama-Mama Pasar Jayapura mengandalkanmu

Jeni Madai & Mama-Mama Pasar Jayapura membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pak @jokowi, beri kejelasan status hukum pasar mama-mama Papua. Dan buka lantai 4. @KemenBUMN @LukasEnembe". Bergabunglah dengan Jeni Madai & Mama-Mama Pasar Jayapura dan 6.373 pendukung lainnya hari ini.