Pak Jokowi, bawa keadilan bagi korban, tuntaskan kasus Paniai.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 15.000.


 

"Alpius itu murid saya. Kami harap suatu kelak Alpius  bisa menjadi tokoh di kampung kami, tetapi malah putus di  tengah jalan", Esau Tegege – guru Alpius Youw.

Pernahkah kamu mendengar kejadian tragis yang menimpa Alpius dan teman-temannya di Paniai, Papua?

Alpius Youw (18), Yulianus Yeimo (17), Apinus Gobay (16), Simon Degei (17), tewas  ditembak aparat keamanan 8 Desember 2014, di Paniai. Anak-anak muda Papua ini harus pergi, tidak sempat meraih mimpi-mimpi mereka.

Berawal ketika salah seorang  remaja mengingatkan seorang tentara untuk menyalakan lampu kendaraan di  tengah perayaan natal.

Sang tentara tersinggung, lantas bersama  rekannya 'menghukum' anak- anak itu bersama rekannya. Yang dipukuli 11 orang, umurnya antara 10 sampai 16 tahun.

Esok harinya, di dekat markas tentara dan polisi,  warga melakukan aksi damai, tradisi mereka sebagai bentuk protes & meminta klarifikasi.  

Di tengah itu semua, beberapa aparat yang terdiri atas  polisi dan tentara mengarahkan pucuk senjata ke demonstran dan mulai  menembaki mereka hingga 4 remaja tersebut tewas di tempat.

Betul-betul merupakan Natal yang kelam bagi Paniai. 

Dalam delapan tahun terakhir, ada 68 kasus lain di Papua di mana telah terjadi pembunuhan di luar hukum terhadap warga sipil yang melibatkan personil aparat keamanan.

Kasus-kasus ini masih belum diproses secara hukum. Para pelaku masih berkeliaran dan bisa saja kasus-kasus ini terulang kembali.

Pemerintah RI telah membuat berbagai komitmen untuk mensejahterakan rakyat Papua.

Kami harap pemerintah RI juga akan bisa membawa keadilan bagi korban-korban kekerasan aparat negara di Papua.

Pak Jokowi, segera bentuk tim investigasi independen untuk kasus Paniai di Papua. Karena jika kasus ini terungkap, maka akan menjadi harapan baru untuk penyelesaian kasus-kasus lainnya dan menghentikan kasus serupa terjadi kembali.

Untuk mimpi-mimpi anak Papua,


Tim Amnesty International Indonesia



Hari ini: Amnesty International Indonesia mengandalkanmu

Amnesty International Indonesia membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pak @Jokowi, bawa keadilan bagi korban, tuntaskan kasus Paniai.". Bergabunglah dengan Amnesty International Indonesia dan 10.365 pendukung lainnya hari ini.