Tolong Geser Proyek Tol dari Mata Air Aerujang

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Teman-teman,

Saat ini pemerintah akan bangun jalan tol Manado-Bitung. Masalahnya, jalan tol itu melewati mata air Aerujang yang jadi sumber air bersih warga kota Bitung. Persediaan air bersih jadi terancam!

Sejak pembangunan jalan tol direncanakan, warga kota Bitung udah konsisten minta Menteri PUPR geser jalur tol agar nggak melewati mata air. Bukannya menolak pembangunan. Warga hanya nggak mau jalan tol itu merusak sumber air bersih.

Ahirnya warga, Masyarakat Adat Danowudu, Ormas Adat, Pecinta Alam, Sekolah Sungai membentuk Aliansi Peduli Mata Air Aerujang untuk memperjuangkan sumber air bersih.

Saat ini pembangunan Tol Manado-Bitung belum rampung 100%. Soalnya masyarakat masih melakukan aksi penolakan.

Maret lalu Aliansi sudah mencoba bertemu dengan Menteri PUPR yang berencana berkunjung ke lokasi pembangunan. Namun, setelah ditunggu sampai malam, pak Menteri gak kunjung datang.

Karena itulah, selaku mahasiswa dan anak muda kami merasa perlu untuk membantu perjuangan warga Bitung untuk menyelamatkan sumber air bersih mereka.

Kalau Pak Menteri belum dengar lewat aksi penolakan di lapangan, kini saatnya kita bersuara secara daring kepada pak Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono agar beliau mendengar suara warga Kota Bitung dan segera menggeser proyek jalan tol dari mata air Aerujang.

Yang diminta Warga Kota Bitung hanyalah menggeser 60 sampai 70 meter dari jalan utama yang sudah direncanakan, agar mata air Aerujang bisa diselamatkan.

Dukung petisi dan sebar juga tagar #SaveAerujang di medsos mu ya. Kalau makin banyak yang meramaikan tagarnya dan menandatangani petisi, kami yakin pak Basuki akan terusik dan melihat banyaknya dukungan publik untuk menyelamatkan mata air Aerujang.

Salam,

Cevin Wattimena, Cliveland Rumondor, Jevina Ochotan, Elviren Kalundang, Gloria Tampi
Mahasiswa FKM Universitas Sam Ratulangi Manado

Sumber2:
https://beritamanado.com/satu-tahun-jokowi-maruf-saldy-mr-president-tolong-geser-proyek-tol-dari-aerujang/