Pak Anies, Mohon Evaluasi Kerja Sama Dengan Aplikasi JUKIR Karena Merugikan Tukang Parkir

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kawan-kawan sudah tahu tentang aplikasi parkir JUKIR? Aplikasi ini telah diresmikan oleh bapak Sandiaga Uno selaku wakil dari pemerintah pada bulan Mei lalu. Aplikasi ini digunakan oleh tukang parkir resmi di pinggir jalan di bawah naungan UP Parkir (Dishub DKI). Dan ternyata aplikasi ini merugikan tukang parkir dari berbagai hal yang mana saya dapatkan dari keterangan tukang parkir itu sendiri, yaitu;

1. Sebelum ada aplikasi, para tukang parkir sudah ada fixed setoran ke UP Parkir setiap harinya. Namun dengan aplikasi mereka harus setor 40% dari setiap transaksi yang mereka dapatkan.

2. Untuk kertas struk di tanggung oleh tukang parkir yaitu berupa kertas roll pada printer portable yang harganya bisa mencapai 10.000/roll karena oknum mengharuskan beli dari mereka (harga di pasaran 3000-5000). Padahal sebelumnya untuk kertas struk disediakan oleh pihak UP Parkir DKI Jakarta.

3. Tukang parkir terbebani paket data untuk menggunakan aplikasi ini.

4. Ada oknum dari UP Parkir yang menjadikan Top Up wallet di akun tukang parkir dengan cara mematok fee Top Up berkali lipat jika dibandingkan transfer sendiri atau melalui minimarket rekanan. (Ini seolah menjadi suatu kewajiban)

5. Masih adanya pungli oleh oknum aparat. Padahal sudah jelas aplikasi ini bertujuan untuk transparansi.

6. Membangun ketakutan. Pihak aplikasi bekerja sama dengan kepolisian dan jika ada tukang parkir yang melakukan transaksi tanpa aplikasi maka akan dibawa dan ditahan di kantor kepolisian dengan tuduhan pungli.

Mohon bapak Anies Baswedan kembali mengevaluasi kerja sama ini, sebenarnya banyak hal positif rekanan dengan pihak swasta namun segala sesuatunya harus dipikirkan secara matang. 



Hari ini: Purnomo mengandalkanmu

Purnomo Sadran membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pak Anies, Mohon Evaluasi Kerja Sama Dengan Aplikasi JUKIR Karena Merugikan Tukang Parkir". Bergabunglah dengan Purnomo dan 6 pendukung lainnya hari ini.