Radar Bogor Tak Sendiri

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Benyamin Constans pernah berkata "Dengan surat kabar kadang-kadang muncul kericuhan, tapi tanpa surat kabar akan selalu muncul penindasan". Maka dari itu, pers tak boleh dibungkam. Pers tidak boleh dikainkafani.
Pers harus tetap bernyawa dan menjadi nafas semesta. Pers harus tetap hidup bahkan sampai sehari sebelum kiamat tiba. Demikian pentingnya kebebasan pers, hingga pers itu sendiri menjadi pilar keempat demokrasi di Tanah Air yang kita cintai ini.
Kemerdekaan pers bahkan telah dijamin Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Tapi hari ini, 1 Juni 2018 yang bertepatan dengan peringatan lahirnya Pancasila, Pers Indonesia berduka. Dua hari sudah Radar Bogor, surat kabar milik Jawa Pos Grup di bawah intimidasi massa. Kantor redaksi koran itu dikepung dan dihujani kata-kata ancaman.
Tentu tindakan intimidasi massa itu bertentangan dengan Undang-Undang No 40 tahun 1999 tentang pers yang mendapat jaminan perlindungan hukum serta bebas dari campur tangan dan paksaan dari pihak manapun.
Dalam UU Pers juga telah diatur bahwa hak seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan yang merugikan nama baiknya. Hal itu sesuai dengan Pasal 1, Pasal 5, Pasal 11, dan pasal 15 Undang Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.
Sebab itu pula, pengepungan serta intimidasi yang dilakukan massa terhadap Radar Bogor bertentangan dengan Undang-Undang Pers. Karena itu, Orbitdigitaldaily.com mengimbau kepada seluruh insan pers Tanah Air untuk bersatu dan bergerak melawan intimidasi massa atau kelompok tersebut.
Orbitdigitaldaily.com juga mengimbau agar pers Tanah Air untuk memboikot pemberitaan kelompok-kelompok tersebut.
Saatnya beraksi, mari sama-sama menuntut pemerintah melakukan penegakan hukum terhadap aksi kelompok massa tersebut.
Tandatangani dan sebar petisi ini dengan #radarbogortaksendiri



Hari ini: Orbit Digital mengandalkanmu

Orbit Digital Daily membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Orbitdigitaldaily.com: Radar Bogor Tak Sendiri". Bergabunglah dengan Orbit Digital dan 43 pendukung lainnya hari ini.