Masyarakat harus tahu, OJK hrs bertindak, emiten hrs bertanggung jawab.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Sebagaimana kita ketahui bersama, pasar modal adalah tempat dimana bertemunya investor dg emiten yang sepenuhnya diatur OJK. Investor membeli saham yang dijual para emiten, baik saat IPO ataupun right issue. Dalam setiap IPO - right issue, jumlah dana yang didapatkan emiten bisa puluhan sampai ratusan milyar, beberapa malah diatas 1 triliun.

Dalam perkembangannya, ada banyak hal yang kurang bagus, terutama buat para investor. Banyak saham yang kurang likuid, dimana di tiap antrian hanya bisa buat modal kecil, sementara sebelumnya para emiten sudah dapat dana puluhan - ratusan milyar. Bisa saja ini disebut resiko investasi, tapi ini sebenarnya resiko yang bisa dikurangi, bilamana OJK selaku otoritas yang bisa membuat, merubah ataupun membatalkan suatu aturan di pasar modal.

Langsung saja, melalui petisi ini saya meminta kepada OJK agar bisa menerbitkan suatu aturan yang bisa memaksa para emiten buat menyediakan dana cadangan dalam bentuk menyediakan dana pembelian sahamnya di tiap antrian bid sahamnya sehingga bisa buat transaksi minimal Rp 100 an juta setiap harinya.

Semoga dengan hal ini, masyarakat yang belum memahami tentang dunia saham jadi semakin tertarik buat belajar, biar bursa saham, demikian pula dengan keuntungan emiten bisa dikuasai & dinikmati kembali oleh masyarakat, tidak semata-mata tergantung pada keluar masuknya investor asing.