Petisi ditutup

Kapal Noble Caledonia, Rehabilitasi Terumbu Karang di Raja Ampat

Petisi ini mencapai 3.498 pendukung


Menyelam adalah salah satu hobi saya. Pesona alam bawah laut Indonesia, dengan aneka warna terumbu karang dan beragam ikan adalah sebuah kebanggaan yang tak terhingga.

Makanya saya sedih lihat foto di atas!

Itu adalah foto kondisi terumbu karang di Raja Ampat sebelum dan sesudah kapal pesiar MV Caledonian Sky kandas di atasnya.

Bayangkan, kapal sebesar itu, yang memuat lebih dari 180 orang, kandas meluluhlantakkan terumbu karang di salah satu tempat menyelam terbaik kita. Kerusakannya sampai 1600 meter persegi!

Awalnya, kapal asal Bahama itu memasuki Raja Ampat untuk atraksi turis. Saat akan melanjutkan perjalanan ke Bitung, kapal kandas di atas terumbu karang. Sebuah kapal penarik (tug boat) lantas didatangkan, namun tak berhasil karena kapal terlalu berat. Setelah berjam-jam, akhirnya kapal Caledonian Sky berhasil keluar dan kembali berlayar.

Butuh ratusan tahun terumbu karang di Raja Ampat bisa terbentuk seindah itu. Sekarang rusak dalam waktu sehari saja. Jika terumbu karang rusak dan mati, maka ekosistemnya juga akan rusak. Tak akan ada lagi ikan dan hewan laut lain hidup di situ.

Rasanya tak rela! Mestinya kapal pesiar besar dilarang masuk ke kawasan terumbu seperti di Raja Ampat.

Sekarang Caledonian Sky sudah berlabuh di Filipina. Kapten kapal Keith Michael Taylor juga sudah menyerahkan masalah ganti rugi kerusakan kepada perusahaan asuransi. Berdasarkan UU 32/2009, perusakan kekayaan alam seperti terumbu karang, lahan gambut dan hutan merupakan tindakan kriminal yang diancam hukuman penjara. Jadi meskipun perusahaan asuransi bersedia ganti rugi, mestinya sanksi pidana tetap diberlakukan.

Saya mengajak teman-teman untuk mendukung petisi ini. Caledonian Sky harus bertanggungjawab dan merehabilitasi kerusakan yang dibuatnya. Izin berlayar kapten kapal juga harus dicabut sementara selama proses ini berlangsung. Jangan biarkan hal seperti ini terjadi lagi, karena keindahan alam bawah laut Raja Ampat tak ternilai harganya.



Hari ini: nuu mengandalkanmu

nuu husien membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "@noblecaledonia, Rehabilitasi Terumbu Karang di Raja Ampat". Bergabunglah dengan nuu dan 3.497 pendukung lainnya hari ini.