Petition Closed
Petitioning Bupati Jember and 2 others

Nenek 70 Tahun Dituduh Mencuri 4 Potong Kayu : Hapuskan Ancaman 5 Tahun Penjara

            Secara jujur Saya tidak mengerti apa itu hukum pertanahan dan apa hukumnya ketika harta benda diatasnya diambil tanpa izin secara legal formal negara. Secara moral Saya mengakui itu adalah tindakan tercela, namun menghakimi seorang Ibu (kandung) sendiri karena perihal mengambil 4 potong kayu bayur yang beliau tanam sendiri jauh lebih tidak bermoral. Hal ini dialami oleh seorang nenek asal Jember bernama Artija. 

            

Letter to
Bupati Jember
Pengadilan Negeri Jember
Polres Jember
Hapuskan Ancaman Hukuman (Terancam Hukuman 5 tahun)

Untuk :
Bupati Jember
Pengadilan Negeri Jember
Polres Jember, dan
Setiap Institusi terkait

Artija, beliau adalah seorang nenek berusia 70 tahun yang terancam hukuman penjara selama 5 tahun karena perkara menebang pohon yang ditanamnya dipekarangan rumah anaknya sendiri. Sebagai seorang Ibu, tiadalah terlintas bahwa akan ada tuntutan hukum dari anaknya sendiri. Terlebih daripada itu, hukuman tersebut sangat tidak rasional dengan ancaman 5 tahun penjara, jika dibandingkan dengan perbuatannya yang hanya mencuri 4 potong kayu.

Usia beliau sudah terlalu senja untuk hukuman 5 tahun dengan perbuatan yang begitu sepele. Kita juga tahu perbuatan-perbuatan (kejahatan) kecil seperti ini seringkali mendapatkan ganjaran hukum yang tidak sesuai terjadi berkali-kali di negeri ini. Jangan sampai kejadian yang sama berulang dan kita kembali memalingkan muka dari rasa azas keadilan dari rasa ke-manusiawian. Mungkin pembaca petisi yang budiman menyadari bahwa petisi ini sangat inskonstitusional. Namun Saya berharap kita memahami bahwa terdapat hukum yang buta dan tajam kebawah dan justru tumpul keatas.

Bebaskan Ibu Artija sebelum satu hari saja beliau mendekam di penjara.