Cabut Gelar Doktor Kehormatan Koruptor Nurdin Halid!

Cabut Gelar Doktor Kehormatan Koruptor Nurdin Halid!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.
Dengan 25.000 tanda tangan, petisi ini menjadi salah satu petisi paling banyak di tanda tangani di Change.org!

BEM KM UNNES memulai petisi ini kepada Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)

Pemberian gelar doktor kehormatan atau doktor honoris causa seharusnya diberikan kepada mereka yang berjasa bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan, bukan koruptor. Namun, di kampus kami, Universitas Negeri Semarang, seorang koruptor, Nurdin Halid, malah mendapatkan gelar tersebut. 

Nurdin Halid merupakan seorang yang sempat terlibat bukan cuma satu, tapi enam kasus korupsi sepanjang tahun 2004-2011. 

  1. Ia sempat menjadi tersangka dalam kasus penyelundupan gula impor ilegal pada tahun 2004, walaupun dianggap tidak bersalah di tahun 2005. 
  2. Ia terlibat kasus pelanggaran kepabeanan impor beras dari Vietnam dan divonis 2 tahun 6 bulan pada tahun 2005. 
  3. Ia juga terpidana 2 tahun dalam kasus korupsi dana pendistribusian minyak goreng Bulog Rp169,71 miliar tahun 2007. 
  4. Ia terlibat kasus suap pada pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia. 
  5. NH terbukti menerima uang suap Rp 100 juta dari aliran Aidil Fitri, mantan Manajer Persisam yang telah terbukti melakukan korupsi dana APBD untuk klub senilai Rp 1,7 miliar.
  6. NH juga memancing kemelut demonstrasi setelah memaksakan tetap mengikuti pemilihan Ketua Umum PSSI pada tahun 2011. Hal ini memaksa Andi Mallarangeng selaku Menpora mengambil tindakan tegas saat itu.

Melihat banyaknya kasus yang menjeratnya, kami pun jadi bingung. Apakah ini ‘jasa dan kontribusi besar kepada ilmu pengetahuan dan kemanusiaan’ yang dimaksud oleh pihak universitas ketika memberikan gelar kehormatan? 

Maka dari itu, BEM Se UNNES mendesak Mendikbud Nadiem Makarim untuk mencabut gelar doktor kehormatan Honoris Causa yang diberikan kepada Nurdin Halid. 

Mendikbud pernah bilang ingin meningkatkan pendidikan karakter di Indonesia. Memberikan gelar kehormatan bagi koruptor tentunya gak bisa dianggap sebagai peningkatan pendidikan karakter, bukan?

Kami juga hendak mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menandatangani petisi ini serta menolak segala bentuk penyimpangan terhadap moral akademik dan nilai-nilai integritas kampus. 

Mari tandatangani petisi ini untuk mencabut gelar kehormatan koruptor yang telah mencederai nilai-nilai akademik dan integritas kampus.

Salam, 


BEM UNNES

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.
Dengan 25.000 tanda tangan, petisi ini menjadi salah satu petisi paling banyak di tanda tangani di Change.org!