MUTILASI SEJARAH : TOLAK PERUBAHAN NAMA JALAN DINOYO & GUNUNGSARI Di KOTA SURABAYA

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.500.


MUTILASI SEJARAH : TOLAK PERUBAHAN NAMA JALAN DINOYO DAN JALAN GUNUNGSARI KOTA SURABAYA 

Agenda Rekonsiliasi Budaya yang digagas Gubernur Jawa Timur merupakan sebuah karya kebudayaan yang adiluhung. Ditengah-tengah kegersangan gerakan kebudayaan, upaya ini patut diapresiasi luarbiasa. Upaya rekonsiliasi Budaya Sunda dengan Budaya Jawa yang digagas tersebut merupakan langkah-langkah brillian  untuk semakin mendekatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Utamanya ditengah-tengah silang-sengkarut politik yang sangat gaduh akhir-akhir ini.

Solusi dari upaya ini adalah penggantian sejengkal jalan bersejarah, yaitu Jalan DInoyo dan Jalan Gunungsari. Jalan ini tidak hanya punya catatan sejarah panjang bagi warga kota Surabaya, bahkan Pemerintah Kolonial Belanda-pun sejak ratusan tahun lalu tidak pernah mengganti nama Jalan tersebut.

Kesejarahan inilah yang akan dipertahankan oleh sebagian warga, komunitas pelestari sejarah dan beberapa pakar berbagai bidang.  Upaya pe-mutilasi-an sejarah inilah yang ditentang. Ide/gagasan rekonsiliasi Budaya yang agung itu diselesaikan dengan cara yang tidak berbudaya, yaitu memenggal kesejarahan masa lalu, dengan keputusan yang tidak kontekstual.

Surabaya berkembang pesat, termasuk kawasan-kawasan baru yang belum punya identitas, Di kawasan-kawasan baru ini sangat terbuka kemungkinan melegitimasi upaya rekonsiliasi Budaya tanpa merugikan banyak pihak. Termasuk pelenyapan sebagian goresan sejarah lama Surabaya (di Jalan Dinoyo dan Jalan Gunungsari). 


Stop upaya penggantian (sepenggal) nama Jalan Dinoyo dan Jalan Gunungsari. Solusi yang ditawarkan adalah Memberi usulan Nama tersebut di kawasan2 baru Kota Surabaya.



Hari ini: Surabaya Heritage Society mengandalkanmu

Surabaya Heritage Society membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "MUTILASI SEJARAH: TOLAK PERUBAHAN NAMA JALAN DINOYO & GUNUNGSARI". Bergabunglah dengan Surabaya Heritage Society dan 1.127 pendukung lainnya hari ini.