Realisasi Perubahan Nama PROVINSI SUNDA

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Sampurasun,

Melanjutkan proses usulan para sesepuh dan nonoman Tokoh Sunda dan Steering Committee of Sundanese serta sudah memperoleh sinyal positif Wakil Ketua MPR RI Bapak Fadel Muhammad mendukung usulan sejumlah tokoh untuk mengubah nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda sesuai payung hukum UU PERMENDAGRI NOMOR 30 TAHUN 2012 maka Saya mengajak khusus nya anggota suku Sunda populasi terbesar peringkat nomor 2 dari suku - suku yang ada di Indonesia dan umumnya Masyarakat Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri untuk ikut mendukung tanda tangan petisi ini.

Menelaah dari rangkuman intelektual perspektif Sunda ada beberapa poin penting menyangkut perubahan nama Provinsi Sunda sebagai identitas leluhur Suku Sunda meliputi beberapa aspek seperti :

1. Agama : Nama adalah Doa. Dalam bahasa Arab bermakna taroji atau harapan.

2. Filsafat : Secara ontologis nama adalah deskriptif, menggambarkan keadaan sebenarnya.

3. Sejarah : Sejak dulu wilayah Tatar Sunda diberi nama nyunda yang telah mendiami wilayah nya ribuan tahun yang lalu yang di buktikan dengan tulisan, artefak, huruf, naskah, relief, bahasa, seni, sistem pemerintahan, sistem politik, sistem ekonomi dan lain sebagai nya.

Begitupun kontribusi para tokoh pahlawan asal Sunda yang sudah berkiprah untuk pendirian dukungan dasar negara PANCASILA, UUD1945 dan NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. Pada masa perang pra dan pasca kemerdekaan Pasukan Legendaris DIVISI PARA KOMANDO SILIWANGI sudah terbukti prestasi kekuatan, kapasitas, kemampuan dan keberhasilan nya.

Perihal Akhlak, Adab, Etika, Tradisi dan Budaya Sunda telah di jaga oleh para leluhur supaya bisa di aplikasikan di kehidupan sehari - hari seperti saling Silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh.

Semoga nama Provinsi Sunda membawa kemaslahatan bagi semua pihak serta lebih merekatkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan tidak menimbulkan kerancuan identitas anggota Suku Sunda karena nama wilayah nya masih menggunakan nama Jawa Barat. Contoh yang sudah ada semisal Suku Bali tinggal di wilayah Provinsi Bali. Sekali Lagi Mohon Dukungan Doa dan Moril nya. Terimakasih.

Tembusan Yang Terhormat dan Mulia :
Rahayat Sunda Buana.
Presiden Republik Indonesia.
Majelis Permusyawaratan Rakyat.
Dewan Perwakilan Rakyat Pusat & Daerah.
Gubernur, Walikota dan Bupati.
Kementerian Dalam Negeri.
Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik.

Salam Hormat,

Dangiang D.N.A Ki Sunda