Petition Closed

Rektor UI telah terbukti tidak mampu untuk memimpin. Semasa empat tahun kepemimpinannya kekisruhan terjadi terus menerus di UI. Berbagai persoalan muncul dari soal ketiadaan transparansi, tata kelola yang menyimpang hingga dugaan korupsi. Terakhir tindakan sepihak "pemberhentian" dekan FKUI dan pemaksaan pemilihan dekan FEUI sungguh telah membuat suasana menjadi kacau di UI. Demi ketentraman UI, demi menjaga veritas, probitas dan iustitia, Rektor UI perlu berbesar hati meletakkan jabatan sekarang juga.

Letter to
Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Gumilar Rusliwa Somantri
Kepada alumni, dosen dan mahasiswa UI harap tanda tangan petisi ini dengan alasan sebagai berikut:

----------------
Rektor UI Perlu Berbesar Hati Mengundurkan Diri

Rektor UI telah terbukti tidak mampu untuk memimpin. Semasa empat tahun kepemimpinannya kekisruhan terjadi terus menerus di UI. Berbagai persoalan muncul dari soal ketiadaan transparansi, tata kelola yang menyimpang hingga dugaan korupsi. Terakhir tindakan sepihak "pemberhentian" dekan FKUI dan pemaksaan pemilihan dekan FEUI sungguh telah membuat suasana menjadi kacau di UI.

Segenap civitas akademika telah berulang kali memberikan masukan dan memperingatkan Rektor UI untuk mengubah sikap dan memperbaiki keadaan UI yang memburuk. Berbagai kritikan civitas dari kalangan guru besar, dosen dan mahasiswa telah disuarakan, namun, Rektor UI tidak mempedulikan. Bahkan inisiatif para guru besar, dosen dan SAF FKUI yang baru-baru ini mengunjungi Rektor untuk berdialog secara baik-baik ditolak dan tidak ditemui. Ini adalah pertanda bahwa Rektor UI tidak memiliki etika kepemimpinan.

Kini tersiar kabar bahwa pemilihan Rektor baru di UI ditunda dan masa jabatannya diperpanjang. Semakin putus asa akan ada perubahan di UI. Semakin terasa dibutuhkan tindakan MWA dan SAU untuk melakukan tindakan yang "tepat" dan "benar" secara moral agar keutuhan kehidupan akademik di UI terpelihara.

Demi ketentraman UI, demi menjaga veritas, probitas dan iustitia, Rektor UI perlu berbesar hati meletakkan jabatan sekarang juga dan memberikan jalan bagi pemimpin baru.
----------------

Salam,
Dr. Gadis Arivia
Dosen Filsafat, FIB, UI
Pelita UI - UI BERSIH