Petisi ditutup

MEMBERHENTIKAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Petisi ini mencapai 660 pendukung


Kepada Yth,

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti)

Prof. Mohammad Nasir, Ph.D

 

Dengan hormat,

Universitas sebagai salah satu dari satuan jenjang pendidikan tinggi seharusnya menjadi institusi pengembangan dan produksi ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu saja, universitas juga menjadi institusi pendidikan yang menginternalisasi dan membelajarkan cara berdemokrasi bagi sivitas akademikanya sebagai bagian dari anggota masyarakat dan warga negara.

Namun apa jadinya jika universitas negeri sekelas Universitas Negeri Jakarta (UNJ) justru menjalankan iklim akademiknya dengan cara – cara anti kritik dan anti demokrasi. Hal ini tercermin dari sikap Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) saat ini yang selalu melaporkan para sivitas akademika (khususnya dosen dan mahasiswa) ke pihak kepolisian atas tindakan autokritik yang dilakukan kepada gaya dan manajemen kepemimpinannya sebagai Rektor  UNJ tanpa terlebih dahulu ada interaksi dialogis antara sivitas akademika yang bersangkutan dengan dirinya. Sudah lebih dari 15 sivitas akademika yang sudah dilaporkan ke pihak kepolisian.

Sikap rektor yang seperti ini tentu tidak mencerminkan karakter pimpinan sebuah institusi pendidikan setingkat universitas, dan apalagi yang bersangkutan bergelar Guru Besar atau Profesor yang seharusnya bijaksana melekat dalam pikiran dan tindakannya. Namun lagi – lagi sulit jika anti kritik, dan anti demokrasi menjadi karakter kuat pada diri Rektor UNJ saat ini.  Padahal dalam Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi jelas disebutkan bahwa pendidikan tinggi diselenggarakan dengan prinsip demokratis.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka ini akan membawa nama buruk UNJ sendiri dan akan merusak iklim akademik UNJ. Sebab cara – cara penyelesaian masalah mengenai autokritik sivitas akademikanya selalu ditanggapi dengan cara keliru oleh Rektor UNJ saat ini. Padahal autokritik yang dilakukan oleh sivitas akademika merupakan bentuk kecintaan sivitas akademika terhadap kampus. Agar kampus semakin baik, dan tidak terpuruk.

Maka untuk itu kami sivitas akademika UNJ (dosen, mahasiswa, pegawai, dan alumni) melalui petisi ini menyatakan sikap agar Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) memberhentikan Rektor UNJ saat ini.

 

Demikian petisi ini kami ajukan, sebagai upaya terhadap penegakan iklim akademik yang demokratis di UNJ.

 

Jakarta, ………………………..

Yang Menyatakan Petisi,

Dosen/ Mahasiswa/ Alumni

 

 

( …………………..…….. )



Hari ini: ALIANSI SAVE UNJ mengandalkanmu

ALIANSI SAVE UNJ membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti): MEMBERHENTIKAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA". Bergabunglah dengan ALIANSI SAVE UNJ dan 659 pendukung lainnya hari ini.