Dukung Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Lingkungan Sekolah

Dukung Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Lingkungan Sekolah

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.
Dengan 25.000 tanda tangan, petisi ini menjadi salah satu petisi paling banyak di tanda tangani di Change.org!

Aeshninna Azzahra memulai petisi ini kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kenalin, namaku Nina, lagi sekolah di SMPN 12 Gresik. Saya salut banget dengan Pak Nadiem Mendikbud. Beliau bikin aturan gak pakai plastik sekali pakai di Kemendikbud. Cek deh SE No.12/2019.

Jadi acara-acara di Kemendikbud gak pakai alat makan atau kantong plastik sekali pakai lagi. Termasuk kantinnya, nggak boleh kasih kantong plastik sekali pakai. 

Tapi sayangnya kebijakan bagus ini baru berjalan di Kementerian. Di sekolah-sekolah belum. Padahal kalau aturan ini juga dijalankan di sekolah, bayangin berapa banyak plastik yang kita bisa kurangi?

Di sekolahku dan sekolah-sekolah lain, kantin masih penuh plastik. Air minum gelas sekali pakai, kantong plastik, styrofoam, alat makan plastik sekali pakai pun banyak di acara sekolah. 

Sebagai siswa bukannya kami gak mau terapkan hidup minim sampah plastik. Aku sendiri sudah coba ngajak teman-temanku untuk gak pakai alat makan sekali pakai atau beli air mineral botol.

Tapi aku kan nggak bisa mempengaruhi semua pelajar se-Indonesia.

Makanya, pas tahu Bapak Mendikbud udah terapkan konsep tolak sekali pakai di lingkungan Kementerian, saya jadi tergerak. Mau ngajak pak Menteri juga untuk terapkan hal yang sama di sekolah-sekolah seluruh Indonesia.

Untuk itulah, saya bikin petisi ini kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim untuk membuat aturan yang mewajibkan semua sekolah di Indonesia mengurangi penggunaan plastik sekali pakai di area sekolah, khususnya tas kresek, kemasan makanan minuman sachet, styrofoam, sedotan dan gelas atau botol plastik sekali pakai. 

Karena, sebagai generasi penerus bangsa, pelajar di sekolah harus dibiasakan hidup ramah lingkungan tanpa plastik sekali pakai. Gak hanya dibiasakan, tapi harus diberi pengetahuan tentang bahaya plastik yang merusak alam dan mengotori bumi. 

Dukung dan sebar petisi ya teman- teman. Saya butuh bantuanmu untuk ramaikan pesan ini. Karena kalau semakin ramai di medsos dan media, saya yakin pak Menteri akan mulai melirik dan mempertimbangkan ajakan kita untuk terapkan sekolah bebas sampah plastik sekali pakai.

 

Salam,

Aeshninna Azzahra

River Warrior & SMP N 12 Gresik

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.
Dengan 25.000 tanda tangan, petisi ini menjadi salah satu petisi paling banyak di tanda tangani di Change.org!