Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal @KPDT_RI & Gubernur Kalsel @HRudyAriffin : Bangun Daerah Tertinggal yang Bermoral & Berkarakter, Libatkan Generasi Muda !

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Kalimantan Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki sumber daya alam khususnya batu bara yang sangat melimpah. Menurut Lampost.co & news.detik.com, Sebanyak 25 % atau 450 dari 1.861 desa di provinsi kaya tambang, Kalimantan Selatan ( Kalsel ), masuk kategori desa tertinggal. Sedang sebelumnya, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal ( PDT ) mencatat ada 603 desa dari 1.861 desa di 13 kabupaten / kota di Kalsel masuk kategori desa tertinggal. Selain itu, ada dua kabupaten, yaitu Barito Kuala dan Hulu Sungai Utara, berstatus kabupaten tertinggal. Status kabupaten tertinggal pada dua kabupaten ini sudah berlangsung lebih dari lima tahun. Menurut fakta yang ada, daerah - daerah & desa - desa tersebut memiliki kondisi sosial, budaya, ekonomi, keuangan daerah, aksesibilitas, serta ketersediaan infrastruktur yang masih tertinggal dibanding dengan daerah lainnya. Pada tahun ini dana yang dikucurkan pemerintah pusat dan daerah untuk program PNPM di Kalsel mencapai Rp. 99 miliar. Pemprov Kalsel sejak 2008 telah menerapkan program Gerbangmastaskin dengan mengucurkan dana Rp. 50 juta untuk 52 desa pada 13 kabupaten  / kota setiap tahun.

Pembangunan di daerah - daerah & desa - desa tertinggal di Kalimantan Selatan sangat berkaitan dengan kondisi sosial masyarakat. Tetapi bukan berarti bahwa daerah tertinggal adalah daerah yang tidak bermoral & berkarakter, moral & karakter yang dimaksud adalah moral & karakter dalam membangun. Kehidupan sosial yang ada di kota - kota besar seperti Banjarmasin, Banjarbaru, dan lain - lain sangatlah kompleks. Tentunya dalam pembangunan tidak hanya melibatkan satu orang atau dua orang saja, tetapi melibatkan banyak orang. Karena itu pembangunan membutuhkan moral & karakter dalam membangun. Moral & karakter dalam membangun ini harus dimiliki oleh pemimpin & masyarakat yang ada di daerah - daerah & desa - desa tertinggal tersebut. Jika moral & karakter dalam membangun ini tidak ada dalam masyarakat, hal itu akan mengakibatkan masyarakat menjadi malas untuk berpatisipasi dalam pembangunan, tidak ada semangat untuk membangun, dan sebagainya. Sehingga pembangunan di daerah - daerah & desa - desa tertinggal tersebut itu pun tidak akan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, moral & karakter dalam membangun ini juga dapat membantu sebuah daerah & desa yang tertinggal menjadi benteng utama menjaga & mempertahankan nilai - nilai luhur bangsa Indonesia dari krisis moral & krisis multidimensi yang setiap harinya terus meluas di negeri ini. Permasalahan sebenarnya bukan tentang seberapa banyak dana yang dikucurkan untuk pembangunan daerah tertinggal, seberapa kayanya sumber daya alam yang dimiliki, seberapa majunya infrastruktur yang dibangun, dan sebagainya. Jepang, bukan sebuah negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, bukan pula sebuah negara yang kaya. Namun, dunia mengakui bahwa Jepang adalah sebuah negara yang tidak hanya maju dalam bidang pembangunan infrastruktur saja, tetapi juga moral & karakter dalam membangun.  Perubahan adalah pilihan, disinilah peran kita pemuda Indonesia sebagai "the agent of changes" untuk melakukan hal nyata untuk Indonesia. Tidak berarti pembangunan moral & karakter dalam membangun adalah segalanya dalam pembangunan daerah tertinggal, yang terpenting adalah adanya keseimbangan antara pembangunan infrastruktur dengan pembangunan moral & karakter dalam membangun di masyarakat.  Jika kedua pembangunan tersebut berhasil, maka Kalimantan Selatan bukan hanya kaya dengan sumber daya alamnya, tetapi juga sumber daya manusianya, dan pembangunan yang terus dilakukan di Kalimantan Selatan dapat berjalan dengan lebih baik.

"Petisi ini merupakan bagian dari proses seleksi tahap 2 sebagai perwakilan provinsi Kalimantan Selatan di Parlemen Muda Indonesia 2014"



Hari ini: N mengandalkanmu

N A membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal @KPDT_RI & Gubernur Kalsel @HRudyAriffin : Bangun Daerah Tertinggal yang Bermoral & Berkarakter, Libatkan Generasi Muda !". Bergabunglah dengan N dan 332 pendukung lainnya hari ini.