Petition Closed
Petitioning Menteri BUMN Dahlan Iskan and 3 others

Menteri BUMN: Batalkan Penghargaan BUMN Terbaik untuk PT KAI


PT Kereta Api Indonesia (KAI) meraih juara umum (Best of the Best) sekaligus berpredikat sebagai perusahaan milik negara terbaik dalam Anugerah BUMN 2012.Padahal selama ini pelayanan PT KAI sangat buruk terhadap penumpang kereta. 

Berikut daftar buruknya pelayanan PT KAI terhadap penumpangnya.
1. Ratusan penumpang kereta api Prambanan Ekspress mengamuk di Stasiun Srowot, Klaten petang tadi, akibat mereka kesal dengan seringnya terjadi kerusakan pada KA Prameks itu. (sumber; http://www.bisnis-jateng.com/index.php/2011/11/penumpang-prameks-mengamuk/)


2. tanggal 4 Oktober atau empat hari setelah kenaikan tarif KRL Commuter Line, gerbong KRL anjlok di stasiun Cilebut. Masih beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Kecelakaan diduga karena ada rel yang patah sehingga menyebabkan KRL Commuter Line anjlok.


3. Seringnya terjadi gangguan sinyal KRL Jabodetabek, sehingga perjalanan terganggu. Warga yang menggunakan KRL mengalami kerugian waktu.


4. Pada 21 November 2012, jalur kereta antara stasiun Cilebut dan Bojong Gede sepanjang 100 meter longsor. Akibatnya kereta dari Bogor menuju Jakarta, maupun arah sebaliknya tidak bisa melintas. (Sumber:http://jakarta.okezone.com/read/2012/11/21/501/721426/jalur-krl-longsor-di-cilebut-10-rumah-tertimbun)

5. Pada 27 November 2012, Asosiasi Penumpang Kereta Api (Aspeka) melayangkan somasi kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), karena buruknya layanan Kereta Rel Listrik (KRL).  lihat sumbernya di http://www.gatra.com/hukum/21398-layanan-buruk,-pt-kai-disomasi.html

Penghargaan terhadap BUMN seharusnya juga didasarkan pada kualitas pelayanannya pada masyarakat sebagai pengguna jasanya. Jika kepentingan publik dalam mendapatkan layanan jasa BUMN, dalam hal ini PT KAI, itu tidak dijadikan parameter, selain akan menjadi preseden buruk bagi BUMN lainnya dan juga telah meremehkan keberadaan masyarakat sebagai pengguna jasa dari BUMN tersebut.

Terkait dengan itulah, Kementerian BUMN harus MEMBATALKAN PEMBERIAN PENGHARGAAN 'BUMN TERBAIK' UNTUK PT.KAI

Letter to
Menteri BUMN Dahlan Iskan
Sekretariat BUMN Kementerian BUMN
Kementerian BUMN Humas BUMN
and 1 other
Majalah BUMN Track BUMN Track
Batalkan Penghargaan BUMN Terbaik untuk PT KAI