Tak Becus Urus Kampus, Pecat Rektor Unsri

0 telah menandatangani. Mari kita ke 2.500.


Kampus adalah lembaga pendidikan yang seharusnya ramah dengan peserta didiknya. Kampus menjadi tempat yang nyaman bagi calon penerus bangsa untuk belajar dan berekspresi dengan berjuta kreativitas. Sehingga ke depan, mahasiswa yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di negeri ini mewarisi rasa cinta terhadap bibit penerus selanjutnya.

Akan tetapi, keramahan dan kenyamanan itu tak dirasakan di kampus Universitas Sriwijaya. Berkali-kali proses audiensi dilakukan tapi tidak ada solusi yang didapatkan. Aksi massa yang dilakukan juga mengalami jalan buntu, malah Presma Unsri Rahmat Farizal malah dihadiahi laporan polisi dengan tuduhan yang tidak dilakukannya. Akun sistem akademik dirinya dan dua temannya juga dinonaktifkan dan terancam drop out.

Aksi lanjutan lebih parah lagi, dua orang mahasiswa atas nama Dedi Satria dan Agus Rianto mendapat perlakuan kasar dan pemukulan dari aparat kepolisian, satpam dan staf Wakil Rektor I. Pemukulan yang seharusnya tidak dilakukan oleh aparat penegak hukum karena mahasiswa hanya menuntut keadilan, menyuarakan aspirasi mereka yang memang dilindungi institusi.

Satu hal yang juga kebablasan adalah pengamanan aksi yang tampak berlebihan. Anggota polisi dengan pongahnya menenteng senjata laras panjang di dalam kampus dan pusat-pusat konsentrasi massa dengan dalih pengamanan. Sejak kapan demo mahasiswa yang hanya bersenjata pngeras suara harus dihadapi dengan senjata laras panjang.

Oleh karena itu, kami sebagai bagian dari mahasiswa, alumni Unsri dan masyarakat peduli pendidikan mendesak #MenristekDikti untuk memecat #RektorUnsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaf, MSCE dari jabatannya karena tidak becus mengurus kampus Unsri. Kami juga menuntut proses hukum semua aparat baik polisi, satpam dan pegawai rektorat yang terlibat pemukulan sampai tuntas. Terakhir, kami meminta Kepada #Kapolri mencopot Kapolres Ogan Ilir karena membiarkan anggota masuk kampus dengan senjata laras panjang.



Hari ini: Elly mengandalkanmu

Elly Sumantri membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "MenristekDikti: Tak Becus Urus Kampus, Pecat Rektor Unsri". Bergabunglah dengan Elly dan 2.028 pendukung lainnya hari ini.