Rangking hasil ujian CPNS 2018 berdasarkan Total Score (TWK+TIU+TKP)

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Penerimaan CPNS 2018 hampir usai dan banyak peserta yang gagal di seleksi TKD. Ada isu bahwa akan dilakukan perangkingan nilai, namun perangkingan merujuk pada nilai TIU. 

Jika ingin melakukan perangkingan, hendaknya diambil dari Total Skor saja yaitu Nilai TWK + Nilai TIU + Nilai TKP, jangan diambil hanya dari satu jenis nilai saja (TIU). Karena beberapa alasan, diantaranya : 

1. Ketiga indikator penilaian memiliki sama pentingnya. Jika nilai TWK kurang nilai 5 saja, maka peserta akan gagal. Jika nilai TKP kurang 5 saja peserta juga akan gagal. Demikian juga dengan TIU.

2. Kekuatan masing-masing peserta itu bermacam-macam, ada yang kuat di hitungan (TIU), ada yang kuat dihapalan dan pemahaman kebangsaan (TWK) dan ada individu yang kuat di Karakter (TKP). Nah, tidak adil rasanya jika hanya mengambil perangkingan nilai dari satu materi ujian saja. Dengan demikian, tidak ada yang merasa dirugikan. 

3. Jika memang BKN harus melakukan perangkingan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka ada opsi yang adil yaitu seperti pilihan 1 dan 2 di atas. Namun, jika pemerintah tidak ingin melakukan perangkingan, maka solusinya adalah agar dibuka kembali seleksi CPNS di lain waktu dan biarkan yang lolos TKD saat ini yang bersaing ke TKB. Yang tidak lolos biarkan menunggu kemudian ada buka formasi CPNS umum. Jadi hanya yang lulus TKD saat ini yang melanjutkan ke TKB. Pemerintah kembali membuka lowongan CPNS dengan regulasi passing grade dan soal yang baru. 

Demikian untuk dimaklumi. Terima kasih.



Hari ini: Firman mengandalkanmu

Firman Utina membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "MenpanRB: Rangking hasil ujian CPNS 2018 berdasarkan Total Score (TWK+TIU+TKP)". Bergabunglah dengan Firman dan 20 pendukung lainnya hari ini.