Verifikasi Pemilik Akun di Media Sosial

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Dengan banyaknya akun-akun palsu yang digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab antara lain untuk menyebarluaskan berita hoax atau fitnah, politisasi agama dan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, maka dipandang perlu dilakukan verifikasi ulang terhadap seluruh pemilik akun di media sosial terkemuka antara lain, Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. 

Metode verifikasi yang dapat digunakan antara lain melalui salah satu no. Handphone (HP) dari pemilik akun yang bersangkutan.

Dengan asumsi bahwa seluruh no. HP telah terdaftar dengan menggunakan data no. KTP/KK atau Passpor dll, maka dengan demikian jika seluruh akun di media sosial telah diverifkasi, maka akan memperkecil kemungkinan penyalahgunaan akun oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dengan tujuan untuk melakukan kejahatan dan kegiatan terorisme.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (MenKominfo) adalah pihak yang paling bertanggung jawab untuk mengatur dan menertibkan seluruh penyedia platform media sosial asing yang beroperasi di Indonesia khususnya dengan menetapkan aturan yang ketat bagi siapapun yang ingin membuka atau memiliki akun di media sosial. 

Dengan ini menyerukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika untuk segera menyusun langkah-langkah yang mengarah pada penertiban seluruh akun media sosial tersebut dan kepada para penyedia platform media sosial asing harus diberikan target untuk menyelesaikan kewajibannya sesuai aturan yang berlaku di Indonesia. Jika tidak ada respon positip dari pihak pengelola platform, maka dapat dilakukan pemblokiran terhadap media sosial terkait.

Demikian petisi ini dibuat sebagai desakan publik kepada pemerintah sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan persatuan, kesatuan dan integritas bangsa.



Hari ini: Doni mengandalkanmu

Doni Bastian membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Menkominfo: Verifikasi Seluruh Akun di Media Sosial". Bergabunglah dengan Doni dan 26 pendukung lainnya hari ini.