Petisi ditutup

Jaminan obat-obat "off label" bagi Odapus (orang dengan lupus)

Petisi ini mencapai 3.511 pendukung


Lupus adalah penyakit autoimun kronis, di mana sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menjaga tubuh dari serangan penyakit, justru "menyerang" berbagai sistem atau organ dalam tubuhnya sendiri dan dapat mengancam jiwa.

Walau belum ada data yang akurat, saat ini diperkirakan ada sekitar 400.000 penyandang lupus di Indonesia, yang kebanyakan adalah wanita aktif usia produktif.  Salah satu tantangan terbesar bagi Odapus (Orang dengan lupus) adalah besarnya biaya berobat.

Saat ini di di Indonesia memang  sudah ada program BPJS Kesehatan yang memberikan jaminan kesehatan bagi rakyat Indonesia, namun dirasakan masih perlu disempurnakan teknis pelaksanaannya. Masalah yang dihadapi Odapus adalah, obat-obat lupus yang masih dikategorikan sebagai obat-obat "off-label", belum masuk dalam skema penjaminan, walau obat-obat tersebut diresepkan oleh dokter yang merawatnya. Obat "off label" adalah obat-obat yang merupakan obat  bagi terapi pengobatan penyakit lain, namun juga dibutuhkan sebagai terapi pengobatan bagi Odapus. Akibatnya, biaya penggunaan obat-obat "off label" tersebut masih harus ditanggung oleh para Odapus walau yang bersangkutan menjadi peserta dan berobat melalui program BPJS Kesehatan. 

Upaya mengajukan usulan ini sudah dimulai oleh Syamsi Dhuha Foundation (www.syamsidhuhafoundation.org) sejak tahun 2013 kepada Kementerian Kesehatan RI dan kami sangat berterima kasih kepada Menteri Kesehatan kala itu yang memberikan tanggapan positif atas usulan tersebut, namun hingga pergantian Kabinet, belum direalisasikan. Kami berharap dengan petisi yang disampaikan bersamaan dengan momentum Peringatan Hari Lupus Sedunia (World Lupus Day) 10 Mei 2015, dapat memperoleh dukungan dari seluruh Odapus di Indonesia maupun di luar negeri, keluarganya dan simpatasan yang memiliki kepedulian untuk menyelamatkan jiwa Odapus. Petisi ini juga untuk mengingatkan kembali kepada Menteri Kesehatan RI yang baru, agar usulan yang sudah pernah disampaikan dapat dikabulkan oleh Menteri Kesehatan dan dapat dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan.

Adanya fasilitas BPJS kesehatan yang menanggung biaya penggunaan obat-obat "off label" bagi pengobatan para Odapus akan sangat membantu meringankan beban biaya pengobatan yang harus ditanggung. 
Terima kasih untuk memberikan dukungan dan menandatangani petisi ini serta menyebarluaskan petisi ini kepada sahabat dan teman-teman lainnya.

CARE FOR LUPUS YOUR CARING SAVES LIVES - NEVER GIVE UP !  

Dian Syarief - Syamsi Dhuha Foundation    

     

     

     



Hari ini: eko mengandalkanmu

eko pratomo membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Menkes @NilaMoeloek, @BPJSKesehatanRI, tanggung obat2 Lupus dalam BPJS kesehatan.". Bergabunglah dengan eko dan 3.510 pendukung lainnya hari ini.