Mendukung disahkannya RUU Pesantren sebelum

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Keberadaan RUU Pesantren merupakan pengakuan negara terhadap lembaga Pesantren yang merupakan lembaga pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat yang memiliki nilai historis berbasis masyarakat. Selain itu pesantren selama ini mempunyai tugas yang luar biasa di dalam menyemaikan akhlak mulia serta memegang teguh ajaran Islam rahmatanlilalamin yang tercermin dari sikap rendah hati, toleran, moderat, dan nilai-nilai luhur bangsa lainnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

Karenanya Pesantren mestinya bukan hanya diartikan sebagai lembaga pendidikan keislaman semata, namun juga memiliki peran sebagai lembaga dakwah dan Pemberdayaan masyarakat yang sangat penting. Dengan disahkannya RUU Pesantren dimana proses pembelajaran Pesantren yang memiliki ciri pembelajaran yang khas bisa berimplikasi terhadap ijazah kelulusannya agar memiliki kesetaraan dengan lembaga formal lainnya dengan tetap memenuhi jaminan mutu pendidikan.

Yang tidak kalah penting RUU Pesantren mendorong agar sumber pendanaan pesantren yang selama ini bersumber dari masyarakat, dalam RUU ini ditegaskan dapat berasal dari APBN dan APBD.

Karenanya marilah kita dukung untuk segera disahkannya RUU Pesantren sebelum berakhir masa bakti DPR RI tahun 2014 - 2019 agar pesantren sebagai salah satu pilar moral bangsa ini benar benar mendapatkan posisi yang  semestinya di hadapan Pemerintah.