Penerapan sistem Zonasi pada PPDB tahun 2019 merugikan Sekolah Negeri

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Sistem Zonasi PPDB 2019 akan lebih menguntungkan pihak Sekolah Swasta?

Muhadjir menjelaskan pendidikan sebagai salah satu public goods perlu peningkatan pelayanan publik. “Negara sudah memiliki standarisasi pendidikan, sebenarnya tidak ada masalah saat masyarakat lari ke swasta. Justru, sekolah swasta harus didorong dan berikan keleluasaan” ucap Muhadjir.

http://presidenri.go.id/info-kementrian-lembaga/zonasi-menjawab-tantangan-perbaikan-pemerataan-pendidikan.html

 

Dengan sistem Zonasi, sekolah Negeri akan dipaksa untuk menerima calon siswa yang berada dalam area Zonasi Sekolah tanpa melihat kapasitas calon siswa. Siswa miskin akan mendapatkan kuota khusus dan diprioritaskan dalam penerimaan sekolah Negeri.

"Saat dulu belum banyak sekolah negeri, peranan utama swasta terhadap pendidikan sungguh luar biasa. Nah, saya kira sistem zonasi bukan dalam rangka 'mematikan' sekolah negeri. Bahwa kesempatan yang diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu, memang diberikan keleluasaan yang lebih untuk masuk sekolah negeri,"

https://jpp.go.id/teknologi/pendidikan/322903-sistem-zonasi-akan-menumbuhkan-sekolah-negeri-swasta-secara-bersamaan

 

Kebuntungan Sistem Zonasi PPDB 2019

  1. Daya tampung pada jenjang sekolah rujukan/tujuan tidak sebanding dengan jumlah calon siswa lulusan dari jenjang sekolah asal lulusan. Jumlah dan kapasitas daya tampung sekolah rujukan/tujuan khususnya SMP Negeri, SMA Negeri dan SMK Negeri tidak sebanding dengan jumlah siswa lulusan dari jenjang sebelumnya. Sehingga proses "seleksi" terpaksa dilakukan sebagai konsekuensi logis terjadinya ketidakseimbangan jumlah lulusan dengan daya tampung sekolah lanjutan.
  2. Lokasi sekolah rujukan/tujuan kebolehjadian tidak sesuai dengan zona lokasi asal tempat tinggal calon siswa meskipun lokasi sekolah asal calon siswa dalam satu zona dengan sekolah rujukan. Hal ini berpotensi terjadi pertentangan antara kebijakan zonasi berbasis sekolah asal atau zonasi berbasis lokasi tempat tinggal calon siswa.
  3. Ruang gerak otonomi daerah yang dirasakan semakin dibatasai untuk mengatur dan mengelola pendidikan sesuai kondisi daerah masing-masing.
  4. Sebagian masyarakat semakin merasa dibatasi demokratisasi kebebasan dalam hal memilih sekolah negeri. Para sekolah negeri dibatasi untuk mendapatkan calon siswa dengan kualifikasi yang terbaik. Masyarakat lebih didorong memilih sekolah swasta sebagai alternatif sekolah negeri yang terbatas.


Keuntungan Sistem Zonasi PPDB 2019

  1. Tidak diperlukan mobilisasi tinggi dari para siswa untuk mendaftar ke sekolah tujuan karena proses pendaftaran telah dilakukan sejak dari sekolah asal (sebelum lulus). Meskipun praktik meminimalkan mobilisasi siswa ini sudah dilakukan oleh beberapa daerah2 yang telah menerapkan sistem registrasi mandiri pada sistem PPDB Online.
  2. Sekolah-sekolah swasta lebih diuntungkan untuk mendapatkan calon siswa dengan kualifikasi yang rata-rata relatif tinggi karena para sekolah negeri tidak lagi bisa menerima banyak siswa dengan kualifikasi yang terbaik.
  3. Kualifikasi distribusi siswa di sekolah negeri dan sekolah swasta lebih merata.
  4. Sekolah swasta lebih memiliki peran dalam proses pendidikan daripada sebelumnya karena ruang gerak sekolah negeri telah dibatasi dengan "skema zonasi"

 

  • Memilih sekolah Negeri hanya berdasarkan "keberuntungan" memiliki domisili dekat dengan sekolah Negeri
  • Selama menjadi orang "Tidak Mampu" maka pasti akan diterima di sekolah Negeri
  • Pintar tapi "Tidak Beruntung" karena domisili jauh dari sekolah Negeri maka harus persiapkan biaya untuk memilih sekolah swasta
  • Karena batasan daya tampung, yang tidak terseleksi wajib memilih sekolah swasta, karena azas pemerataan pendidikan

Setujukah Anda, TIDAK menerapkan sistem Zonasi pada PPDB tahun 2019 ???

ppdb2019 simpkb dapodik ppdbonline ppdbonline2019 sd smp sma smk



Hari ini: Pengamat mengandalkanmu

Pengamat Pendidikan membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Mendikbud: Konsep Zonasi 2019 akan lebih berpihak pada Sekolah Swasta". Bergabunglah dengan Pengamat dan 5 pendukung lainnya hari ini.