Tingkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat dalam Menggunakan dan Merawat Fasilitas Umum

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Banyak masyarakat Indonesia yang masih kurang dalam memiliki tingkat kepedulian sosial untuk merawat fasilitas umum yang sudah ada.  Sebenarnya, Pemerintah sudah memberikan fasilitas umum kepada masyarakat untuk memenuhi setiap kebutuhan yang dapat langsung digunakan dan dinikmati. Namun, sangat disayangkan masih cukup banyak masyarakat yang justru merusak, menyalahgunakan, dan tidak memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas umum yang sudah dibuat oleh Pemerintah. Tentunya hal ini dapat merugikan Pemerintah maupun orang lain. Banyak juga orang-orang yang tidak memikirkan dampak negatif kedepannya apabila fasilitas umum disalahgunakan maupun tidak dirawat dengan baik. Solusi dari saya adalah, hukum harus ditegakkan dan dipertegas dan dapat memberikan efek jera bagi orang-orang yang tidak bertanggungjawab dalam merawat fasilitas umum. Tidak pandang bulu siapapun orang yang menyalagunakan atau merusak fasilitas umum dan bertele-tele untuk memberi hukuman karena masih harus berfikir kesalahan itu fatal atau tidak fatal. Selain itu, keluarga sebagai unit terkecil berperan penting untuk dapat menumbuhkan kepedulian sosial anak dalam menggunakan dan merawat fasilitas umum yang sudah ada dan juga dapat memberikan pemahaman kepada anak dampak negatif apa saja maupun pihak-pihak siapa saja yang dirugikan apabila terjadi masalah dalam penyalahgunaan fasilitas umum. Tidak hanya keluarga, lingkungan pendidikan juga berperan penting dalam mengajarkan anak tentang bagaimana cara-cara merawat fasilitas umum. Hal itu dapat dilakukan dengan cara, memberi contoh-contoh sederhana agar anak dapat memahaminya dan melakukan praktek secara langsung. Untuk menciptakan dan mempraktekkan itu semua, tentunya dibutuhkan kerjasama yang baik dan peran aktif dari berbagai pihak yang sudah disebutkan di atas. Perubahan yang dirasakan bagi keluarga, komunitas, maupun pribadi adalah apabila fasilitas umum digunakan, dirawat dan dimanfaatkan sebaik mungkin nantinya masyarakat dapat lebih nyaman dalam menggunakan fasilitas-fasilitas umum yang sudah ada di ruang publik.

Contoh-contoh nyata seperti apa yang masih kita lihat mengenai kurangnya kepedulian sosial masyarakat berkaitan dengan merawat fasilitas umum, misalnya seperti: merusak transportasi umum (membuang sampah di dalam bis atau kereta, memecah kaca bis saat sedang berdemo), membuang sampah tidak pada tempatnya (dengan alasan tempat sampahnya letaknya cukup jauh dan masih tidak memilah sampah sesuai jenis sampahnya organik maupun non organik), mencorat-coret jembatan ataupun halte (bahkan menggunakannya untuk tempat berpacaran), memecah lampu jalan dan masih banyak lagi. Permasalahan semacam ini jika dibiarkan terus-menerus tentunya dapat merugikan Pemerintah (karena dana yang sudah dikeluarkan terbuang sia-sia) maupun orang lain (tidak dapat menikmati atau menggunakan fasilitas umum dengan nyaman dan aman)

Jadi, marilah kita bersama-bersama lebih sadar akan pentingnya merawat fasilitas umum. Tidak hanya ingin menggunakan saja, namun juga membantu dalam merawat fasilitas umum agar tidak disalahgunakan. Apabila itu semua dapat diterapkan, maka yang merasakan dampak positifnya tidak hanya diri kita sendiri melainkan juga orang lain.

Dibutuhkan juga adanya dukungan dari kawan-kawan, mengenai petisi ini untuk meningkatkan kepedulian sosial masyarakat dalam merawat fasilitas umum sekaligus melaksanakannya bersama-sama dimulai dari sekarang dan seterusnya. 2) Adanya dukungan dan kerjasama dari pihak-pihak yang terlibat, salah satunya yaitu Ombudsman.