Petisi Pembaharuan Kota Banjar 2018

0 have signed. Let’s get to 100!


 

Kota Banjar saat ini seakan-akan menjadi kota yang kehilangan arah masa depannya. Bila ditelusuri lebih dalam, banyak masyarakat yang ternyata tidak merasakan suasananya sebagai sebuah kota yang dinamis dan berkemajuan, seperti layaknya Kota-Kota lain. Bila diperhatikan secara seksama, Kota Banjar justru tidak banyak berinisiatif melakukan upaya-upaya besar dalam memajukan masyarakatnya. Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) penduduk tak lebih hanya sebuah impian panjang.

 Penyebab utamanya adalah, pola pembangunan di segala bidang yang dilaksanakan pemerintahan, hanya menjalankan rutinitas administratif. Mengejar penghargaan-penghargaan simbolis, yang padahal bukan hal yang maha penting bagi masyarakat. Terobosan pembanguan yang memiliki dampak besar terhadap perbaikan dan kesejahteraan masyarakat, sangat minim. Pembangunan bisa dikatakan seringkali tidak tepat guna dan tidak memberdayakan.

Disadari atau tidak, saat ini Kota Banjar sedang mengalami banyak permasalahan di segala bidang (multi-dimensi). Satu contoh mendasar di bidang ekonomi, bisa dilihat dengan mudah nyata bahwa investasi Kota Banjar sangat minim. Tidak banyak lapangan kerja tercipta, warga Kota Banjar banyak yang memilih mencari penghidupannya di wilayah lain. Pertumbuhan ekonomi sangat lambat bahkan cenderung jalan di tempat. 

 Permasalahan tersebut di atas, bila diurai ternyata akibat faktor politik kepemimpinan yang tidak sehat. Kepemimpinan politik yang hanya dikuasai sebagian kecil orang (oligarkis) dalam waktu lebih dari 1 dekade, bisa dianggap sumber malapetaka segalanya. Persaingan politik dan pengawasan atas kinerja "Penguasa" di Kota Banjar menjadi lemah. Bahkan nyaris tanpa ada pertanggungjawaban yang baik terhadap publik.

 Oleh karena itu, Atas dasar kegelisahan bersama dengan di dorong semangat pembaharuan Kota Banjar yang maju, demokratis, adil dan berpihak pada masyarakat. Dalam rangka mengembalikan pemerintahan Kota Banjar menjadi pemerintahan milik masyarakat Kota Banjar seutuhnya , Komunitas Pembaharuan Kota (KPK) Banjar menyatakan sikap sebagai berikut :

1. Menyerukan upaya perbaikan dan revitalisasi tata kelola pemerintahan Kota Banjar agar dilaksanakan sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

 

2. Menolak segala bentuk praktik politik oligarkis dan politik dinasti yang dijalankan secara sewenang-wenang, yang nyata telah merusak tatanan demokrasi serta bermasalahnya agenda pembangunan Kota Banjar.



Today: Firman is counting on you

Firman Nugraha needs your help with “Masyarakat : Petisi Pembaharuan Kota Banjar 2018”. Join Firman and 5 supporters today.